PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS SMARTPHONE ANDROID PADA MATERI PENGUKURAN UNTUK KELAS X SMA N 2 BANGUNTAPAN

JR Sandra Febiola, NIM.: 19104050038 (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS SMARTPHONE ANDROID PADA MATERI PENGUKURAN UNTUK KELAS X SMA N 2 BANGUNTAPAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS SMARTPHONE ANDROID PADA MATERI PENGUKURAN UNTUK KELAS X SMA N 2 BANGUNTAPAN)
19104050038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS SMARTPHONE ANDROID PADA MATERI PENGUKURAN UNTUK KELAS X SMA N 2 BANGUNTAPAN)
19104050038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Pemanfaatan media interaktif merupakan salah satu sarana pembelajaran yang dapat membantu dalam proses pembelajaran. Salah satunya adalah penggunaan praktikum virtual guna membantu peserta didik untuk melakukan praktikum secara mandiri. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk 1) Menghasilkan bahan ajar interaktif berbasis smartphone android. 2) Mengetahui kualitas bahan ajar interaktif berbasis smartphone android yang telah dihasilkan menurut para ahli. 3) Mengetahui respon pengguna (peserta didik) terhadap bahan ajar interaktif berbasis smartphone android. 4) Menguji keterlaksanaan bahan ajar interaktif berbasis smartphone android. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan 4-D. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X SMA N 2 Banguntapan. Sampel penelitian yaitu kelas X Fase E1 dengan jumlah 36 peserta didik. Tahap pengembangan meliputi 1) Define, 2) Design, 3) Develop, dan 4) Disseminate. Penelitian ini dibatasi pada tahap pengembangan (Develop) dengan melakukan uji coba luas dan uji keterlaksanaan produk. Penilaian kualitas dan keterlaksanaan produk dengan skala Likert 1-4. Sedangkan respon peserta didik menggunakan skala Guttman. Instrumen yang digunakan meliputi lembar angket, lembar validasi produk, lembar penilaian produk, lembar respon peserta didik, dan lembar keterlaksanaan produk. Hasil penelitian ini adalah bahan ajar interaktif berbasis smartphone android pada materi pengukuran untuk kelas X SMA N 2 Banguntapan. Hasil penilaian kualitas produk oleh ahli materi, ahli media, dan guru fisika secara berurutan memperoleh kriteria Sangat Baik (SB) dengan skor 3,9; 3,6; dan 3,9. Hasil uji coba terbatas memperoleh respon Setuju (S) dengan skor 0,99. Penilaian keterlaksanaan produk memperoleh kriteria Baik (B) pada aspek teknis penggunaan dengan skor 3 dan pada aspek penggunaan bahan ajar memperoleh kriteria Sangat Baik (SB) dengan skor 3,9.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Nur Untoro, M.Si.
Uncontrolled Keywords: bahan ajar interaktif; smartphone android; peserta didik
Subjects: Pendidikan Fisika
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 21 Feb 2024 14:40
Last Modified: 21 Feb 2024 14:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63831

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum