PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS LITERASI SAINS TERINTEGRASI NILAI KEISLAMAN PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA UNTUK SMA/MA

Septi Anggraeni, NIM.: 19104060040 (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS LITERASI SAINS TERINTEGRASI NILAI KEISLAMAN PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA UNTUK SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS LITERASI SAINS TERINTEGRASI NILAI KEISLAMAN PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA UNTUK SMA/MA)
19104060040_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS LITERASI SAINS TERINTEGRASI NILAI KEISLAMAN PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA UNTUK SMA/MA)
19104060040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi mendorong peserta didik untuk mengembangkan keterampilan hidup di abad 21 ini salah satunya yaitu kemampuan literasi sains. Selain itu, kurikulum 2013 sebagai alternatif pendidikan di Indonesia juga menekankan pada pengembangan sikap spiritual peserta didik. Untuk mendukung pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan literasi sains serta sikap spiritual peserta didik maka diperlukan pengembangan media pembelajaran berbasis literasi sains dan terintegrasi nilai keislaman. Hasil observasi di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta menunjukan bahwa belum ditemukannya media pembelajaran kimia yang berbasis literasi sains terintegrasi nilai-nilai keislaman. Media pembelajaran yang digunakan juga kurang bervarisi dan belum memanfaatkan teknologi sehingga cenderung membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis literasi sains terintegrasi nilai keislaman pada materi kesetimbangan kimia, serta menganalisis kualitas dan respon peserta didik terhadap e-modul yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari 5 tahapan yaitu; Analyze (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi), namun pada penelitian ini dibatasi sampai pada tahap pengembangan. Data penelitian diperoleh dari lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi, lembar penialaian guru kimia dan respon peserta didik terhadap emodul yang dikembangkan. Validasi dilakukan oleh 2 dosen ahli yaitu ahli materi dan ahli media. Kualitas e-modul diperoleh melalui penilaian yang dilakukan oleh 3 guru kimia dan memperoleh hasil sebesar 93,3 % dengan kategori sangat baik. Kemudian uji coba dilakukan kepada 30 peserta didik SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta untuk mengetahui respon peserta didik terhadap e-modul yang dikembangkan. Hasil uji coba mendapat skor persentase sebesar 96% dengan kategori sangat positif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-modul berbasis literasi sains terintegrasi nilai keislaman pada materi kesetimbangan kimia sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Setia Rahmawan, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: E-modul; literasi sains; kesetimbangan kimia
Subjects: Pendidikan Fisika
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 21 Feb 2024 14:59
Last Modified: 21 Feb 2024 14:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63832

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum