PENGEMBANGAN E BOOKLET KEANEKARAGAMAN CAPUNG (ODONATA) DI SUNGAI OPAK KABUPATEN BANTUL SEBAGAI MEDIA BELAJAR SISWA

Siti Muslimah, NIM.: 19104070001 (2023) PENGEMBANGAN E BOOKLET KEANEKARAGAMAN CAPUNG (ODONATA) DI SUNGAI OPAK KABUPATEN BANTUL SEBAGAI MEDIA BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN E BOOKLET KEANEKARAGAMAN CAPUNG (ODONATA) DI SUNGAI OPAK KABUPATEN BANTUL SEBAGAI MEDIA BELAJAR SISWA)
19104070001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN E BOOKLET KEANEKARAGAMAN CAPUNG (ODONATA) DI SUNGAI OPAK KABUPATEN BANTUL SEBAGAI MEDIA BELAJAR SISWA)
19104070001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Sungai Opak merupakan salah satu potensi lokal yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran karena keanekaragamannya yang cukup tinggi. Salah satu keanekaragaman hayati yang menarik untuk dipelajari di Sungai Opak adalah capung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman capung yang terdapat di Sungai Opak dengan mengembangkan ebooklet sebagai media belajar siswa serta mengetahui kelayakan e-booklet keanekaragaman capung di Sungai Opak sebagai media belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama yaitu penelitian capung di Sungai Opak dengan metode point count, metode ini dilakukan dengan membuat garis transek menyesuaikan bentuk habitat di Sungai Opak. Tahap kedua adalah penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan pendekatan ADDIE (Analysis, design, development, implementation, evaluation). Berdasarkan penelitian terdapat 20 jenis capung yang ditemukan terdiri dari 6 famili yaitu Coenagrionidae, Platycnemididae, Chlorocyphidae, Protoneuridae, Libellulidae, dan Gomphidae. Hasil penelitian di Sungai Opak menunjukan bahwa nilai keanekaragaman (H') adalah 2,016 sedangkan nilai indeks kemerataannya (e) yaitu 0,667 dan nilai indeks dominansi (D) sebesar 0,193. Hasil penilaian produk menurut ahli materi 90,59% (Sangat Baik), ahli media 88% (Sangat Baik) , peer reviewer 76,20% (Sangat Baik), guru biologi 97,50% (Sangat Baik), dan respon siswa 89% (Sangat Baik). Berdasarkan penilaian tersebut e-booklet ini layak digunakan sebagai media belajar untuk siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Sulistiyawati, S.Pd.I., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Sungai Opak; keanekaragaman capung; E-booklet
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 22 Feb 2024 08:31
Last Modified: 22 Feb 2024 08:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63836

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum