PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS POTENSI LOKAL MANGROVE BAROS SEBAGAI BAHAN AJAR BIOLOGI MATERI EKOSISTEM SMA/MA KELAS X

Fendi Ardian Yusuf Kurniawan, NIM.: 19104070030 (2023) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS POTENSI LOKAL MANGROVE BAROS SEBAGAI BAHAN AJAR BIOLOGI MATERI EKOSISTEM SMA/MA KELAS X. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS POTENSI LOKAL MANGROVE BAROS SEBAGAI BAHAN AJAR BIOLOGI MATERI EKOSISTEM SMA/MA KELAS X)
19104070030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS POTENSI LOKAL MANGROVE BAROS SEBAGAI BAHAN AJAR BIOLOGI MATERI EKOSISTEM SMA/MA KELAS X)
19104070030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Kondisi ekosistem di kawasan Mangrove Baros merupakan potensi lokal yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar pada proses pembelajaran biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman tumbuhan mangrove dan biota mangrove di kawasan Mangrove Baros, Desa Tirtohargo, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul; mengembangkan modul ekosistem berbasis potensi lokal; dan mengetahui kualitas produk yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R & D (Research dan Development). Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Hasil penelitian keanekaragaman tumbuhan mangrove yaitu ditemukan 15 spesies dari 13 famili dan biota mangrove yaitu ditemukan 42 spesies dari 29 famili. Produk dinilai menggunakan instrumen penilaian berupa lembar angket checklist. Produk dinilai oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, 3 peer reviewer,1 guru biologi, dan respon dari 15 siswa kelas X di SMA N 1 Bambanglipuro. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian modul ekosistem berbasis potensi lokal oleh ahli materi mendapat persentase 89% dengan kategori sangat baik, ahli media 99% dengan kategori sangat baik, peer reviewer 97% dengan kategori sangat baik, guru bilogi 88% dengan kategori sangat baik, dan siswa 97% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modul ekosistem berbasis potensi lokal yang telah dikembangkan layak digunakan sebagai bahan ajar biologi bagi siswa kelas X SMA/MA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Runtut Prih Utami, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: flora fauna; Mangrove Baros; Ekosistem, Bahan Ajar
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 22 Feb 2024 08:38
Last Modified: 22 Feb 2024 08:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63841

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum