PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN LAPANGAN BERBASIS QR CODE KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN PADA LABORATORIUM MANGROVE UNTUK SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 3 CILACAP

Faridah Nur Isnaeni, NIM.: 19104070031 (2023) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN LAPANGAN BERBASIS QR CODE KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN PADA LABORATORIUM MANGROVE UNTUK SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 3 CILACAP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN LAPANGAN BERBASIS QR CODE KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN PADA LABORATORIUM MANGROVE UNTUK SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 3 CILACAP)
19104070031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN LAPANGAN BERBASIS QR CODE KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN PADA LABORATORIUM MANGROVE UNTUK SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 3 CILACAP)
19104070031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui keanekaragaman tumbuhan yang terdapat pada Laboratorium Mangrove, (2) menjelaskan langkah pembuatan dan pengembangan buku panduan lapangan berbasis QR Code keanekaragaman tumbuhan pada Laboratorium Mangrove, (3) mengetahui kualitas buku panduan lapangan berbasis QR Code keanekaragaman tumbuhan pada Laboratorium Mangrove, dan (4) menguji kelayakan buku panduan lapangan berbasis QR Code keanekaragaman tumbuhan pada Laboratorium Mangrove. Penelitian ini terdiri dari dua tahap, yaitu tahap penelitian potensi lokal keanekaragaman tumbuhan pada Laboratorium Mangrove dan tahap pengembangan buku panduan lapangan berbasis QR Code sebagai sumber belajar siswa SMA. Penelitian potensi lokal keanekaragaman tumbuhan termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan metode survey jelajah (cruise methods) dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dokumentasi, dan kuisioner. Data yang diperoleh, kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Adapun pengembangan buku panduan lapangan berbasis QR Code termasuk jenis penelitian pengembangan (research and development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang dibatasi pada tahap implementation. Penelitian lapangan yang dilakukan dengan menjelajahi keseluruhan wilayah Laboratorium Mangrove. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan sebanyak 21 spesies tumbuhan yang berasal dari 4 Kelas, 13 Ordo, dan 17 Famili. Data penelitian yang diperoleh kemudian dikembangkan menjadi sumber belajar buku panduan lapangan keanekaragaman tumbuhan menggunakan Adobe Photoshop dan Canva. Selanjutnya produk buku panduan lapangan berbasis QR Code diuji kualitasnya dengan diperoleh hasil persentase keidealan dari ahli materi sebesar 100% (sangat baik), ahli media sebesar 91,7% (sangat baik), peer reviewer sebesar 95% (sangat baik), guru biologi sebesar 98% (sangat baik). Adapun respon siswa sebesar 94,7% (sangat baik). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa buku panduan lapangan berbasis QR Code keanekaragaman tumbuhan pada Laboratorium Mangrove sangat layak untuk digunakan sebagai sumber belajar pada materi keanekaragaman hayati flora untuk kelas X SMA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dian Noviar, S.Pd., M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: sumber belajar; QR Code; keanekaragaman hayati
Subjects: Pendidikan Biologi
Tanaman
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 22 Feb 2024 08:41
Last Modified: 22 Feb 2024 08:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63842

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum