PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD BERBASIS QR CODE PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI SISTEM GERAK MANUSIA UNTUK SISWA KELAS XI MAN 2 SLEMAN

Laila Nur Afifah, NIM.: 19104070060 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD BERBASIS QR CODE PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI SISTEM GERAK MANUSIA UNTUK SISWA KELAS XI MAN 2 SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD BERBASIS QR CODE PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI SISTEM GERAK MANUSIA UNTUK SISWA KELAS XI MAN 2 SLEMAN)
19104070060_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD BERBASIS QR CODE PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI SISTEM GERAK MANUSIA UNTUK SISWA KELAS XI MAN 2 SLEMAN)
19104070060_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan siswa untuk mempelajari materi sistem gerak manusia karena kurangnya kelengkapan fasilitas di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk:1) mengembangkan media pembelajaran flashcard berbasis QR Code pada mata pelajaran biologi materi sistem gerak manusia untuk siswa kelas XI MAN 2 Sleman beracuan pada kurikulum 2013 (K13), 2) mengetahui kelayakan produk berdasarkan penilaian para reviewer, 3) mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran flashcard berbasis QR Code pada mata pelajaran biologi materi sistem gerak manusia untuk siswa kelas XI MAN 2 Sleman. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Research and Development (R&D) serta menerapkan model pengembangan ADDIE yang di sederhanakan menjadi model pengembangan ADDE, yang meliputi tahap analisis (Analysis), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Development), dan tahap evaluasi (evaluation). Produk akan dinilai dengan instrumen penilaian berdasarkan skala likert oleh reviewer (1 orang ahli media, 1 orang ahli materi, 1 orang guru biologi dan 3 orang peer reviewer) dan instrumen berdasarkan skala guttman oleh 15 orang siswa kelas XI MAN 2 Sleman. Hasil dari penelitian ini adalah menghasilkan produk flashcard berbasis QR Code pada materi sistem gerak manusia untuk siswa kelas XI MAN 2 Sleman. Sedangkan hasil dari pengambilan data yang sudah dilakukan yaitu penilaian ahli materi sebesar 100%, penilaian ahli media sebesar 96,5%, penilaian peer reviewer sebesar 91,26%, penilaian guru biologi sebesar 99,2%. Pada produk yang dikembangkan mendapat respon siswa sebesar 96,82%. Dengan demikian, kualitas produk yang sedang dikembangkan termasuk ke dalam kategori sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran materi sistem gerak manusia kelas XI SMA /MA di kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Runtut Prih Utami, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: makhluk hidup; Flashcard; QR Code; sistem gerak manusia
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 22 Feb 2024 08:46
Last Modified: 22 Feb 2024 08:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63844

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum