PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR DENGAN TEMA KESENIAN WAYANG SEBAGAI MEDIA PENANAMAN MORAL SOPAN SANTUN SISWA KELAS I MI MUHAMMADIYAH POJOK

Sholaikah Dina Marfuah, NIM.: 19104080024 (2023) PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR DENGAN TEMA KESENIAN WAYANG SEBAGAI MEDIA PENANAMAN MORAL SOPAN SANTUN SISWA KELAS I MI MUHAMMADIYAH POJOK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR DENGAN TEMA KESENIAN WAYANG SEBAGAI MEDIA PENANAMAN MORAL SOPAN SANTUN SISWA KELAS I MI MUHAMMADIYAH POJOK)
19104080024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR DENGAN TEMA KESENIAN WAYANG SEBAGAI MEDIA PENANAMAN MORAL SOPAN SANTUN SISWA KELAS I MI MUHAMMADIYAH POJOK)
19104080024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan buku cerita bergambar dengan tema kesenian wayang. Buku ini digunakan sebagai media penanaman moral sopan santun siswa kelas 1 MI Muhammadiyah Pojok, untuk mengetahui kelayakan buku cerita bergambar dengan tema kesenian wayang. Selain itu, untuk mengetahui bagaimana respon siswa terhadap penggunaan media buku cerita bergambar. Manfaat dalam penelitian dan pengembangan buku cerita bergambar ini yaitu sebagai media pengembangan materi moral sopan santun untuk siswa kelas 1 MI Muhammadiyah Pojok dan mengetahui respon siswa terhadap kelayakan penggunaan buku cerita bergambar. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan dessemination (penyebaran). Instrumen penelitian menggunaakan angket yang berskala Likert untuk mengetahui penilaian dari tim ahli yang terdiri dari ahli materi, ahli bahasa, ahli media, dan guru kelas 1. Angket berskala Guttman diberikan kepada siswa kelas 1 sebagai objek penelitian untuk mengetahui respon siswa terhadap keterbacaan buku cerita bergambar. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan penilaian ahli materi dengan persentase penilaian 66 % dapat dikategorikan layak digunakan dengan revisi. Penilaian ahli bahasa dengan persentase penilaian 92% dapat dikategorikan sangat layak digunakan di lapangan. Penilaian ahli media dengan persentase kelayakan 78% dapat dikatagorikan layak digunakan dengan revisi. Respon siswa terhadap produk pengembangan buku cerita bergambar mendapatkan persentase 90% yang dapat dikatagorikan sangat layak. Hasil tersebut diperoleh dari 19 subyek uji coba terbatas kelas 1 MI Muhammadiyah Pojok. Sehingga dapat dinyatakan buku cerita bergambar dengan tema kesenian wayang layak digunakan untuk menanamkan moral sopan santun siswa kelas 1 MI Muhammadiyah Pojok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Sedya Santosa, SS, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: media belajar; sopan santun; kesenian wayang; buku cerita bergambar.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 22 Feb 2024 08:51
Last Modified: 22 Feb 2024 08:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63846

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum