MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA EKSTRAKURIKULER KEOLAHRAGAAN SISWA DI PONDOK PESANTREN MODERN AR-RAHMAT BOJONEGORO

Aqib Khoiron Nabhan, NIM.: 19104090021 (2023) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA EKSTRAKURIKULER KEOLAHRAGAAN SISWA DI PONDOK PESANTREN MODERN AR-RAHMAT BOJONEGORO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA EKSTRAKURIKULER KEOLAHRAGAAN SISWA DI PONDOK PESANTREN MODERN AR-RAHMAT BOJONEGORO)
19104090021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA EKSTRAKURIKULER KEOLAHRAGAAN SISWA DI PONDOK PESANTREN MODERN AR-RAHMAT BOJONEGORO)
19104090021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal dari minimnya kondisi sarana dan prasarana lapangan ekstrakurikuler non akademik yang memiliki satu lapangan, namun digunakan untuk berbagai macam kegiatan di pondok pesantren Modern Ar-Rahmat Bojonegoro. Dalam kondisi minim tersebut para santri masih dapat menghasilkan prestasi melalui kegiatan pendidikan ekstrakurikuler khususnya dalam cabang olahraga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan ekstrakurikuler santri sehingga dapat menghasilkan santri berprestasi di Pondok Pesantren Modern Ar-Rahmat Bojonegoro. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengadopsi metode pendekatan deskriptif analisis di PP Modern Ar-Rahmat Bojonegoro. Pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dalam menentukan jenis purposive. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian analisis data dilakukan melalui Transcipt, Coding, Grouping, Comparing & Contrasting dan Interpretasi. Keabsahan data diperkuat dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) suatu proses manajeman sarana dan prasarana dapat dilaksanakan dan berjalan dengan lancar sesuai visi dan misi dengan mengimplementasikan manajemen di Pondok Pesantren Modern Ar-Rahmat Bojonegoro dengan cara melibatkan tahapan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Perencanaan melibatkan rapat tahunan, koordinasi program, dan penyusunan jadwal sekolah dan ekstrakurikuler sesuai fasilitas yang ada. Pengorganisasian melibatkan tiga kategori utama: kepala sekolah, kaur sarpras, dan koordinator sarpras akademik atau non-akademik dengan penggunaan sumber daya manusia sesuai kompetensi dan tugas. Pelaksanaan mencakup pengadaan barang, pemeliharaan fasilitas, dan evaluasi prestasi para santri atau siswa; b) faktor pendukung implementasi adalah dukungan sumber daya manusia berkualitas, kerjasama internal sekolah, bantuan eksternal, serta kesadaran dan partisipasi siswa dan guru dalam pengembangan sarana dan prasarana. Perancangan yang baik oleh sumber daya manusia, penempatan sesuai kompetensi, dan peran pengawas dalam meningkatkan kompetensi juga menjadi faktor pendukung. Namun, ada beberapa faktor penghambat yang perlu diatasi, seperti kurangnya lahan lapangan untuk ekstrakurikuler olahraga, pelaksanaan program insidental tanpa tercantum dalam program kerja, keterbatasan anggaran, dan keputusan yang tergantung pada kebijakan yayasan. Terbatasnya dana juga menjadi halangan karena hanya mengandalkan sumbangan dari wali santri tanpa bantuan pemerintah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Syaefudin, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: peserta didik; ekstrakurikuler; keolahragaan; manajemen sarana dan prasarana
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 22 Feb 2024 11:41
Last Modified: 22 Feb 2024 11:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63883

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum