OBJEKTIFIKASI AKHLAK PEDULI LINGKUNGAN MASYARAKAT MUSLIM DESA LOSARI KECAMATAN TLOGOMULYO KABUPATEN TEMANGGUNG

Usman Alfarizi, NIM.: 18105040043 (2024) OBJEKTIFIKASI AKHLAK PEDULI LINGKUNGAN MASYARAKAT MUSLIM DESA LOSARI KECAMATAN TLOGOMULYO KABUPATEN TEMANGGUNG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (OBJEKTIFIKASI AKHLAK PEDULI LINGKUNGAN MASYARAKAT MUSLIM DESA LOSARI KECAMATAN TLOGOMULYO KABUPATEN TEMANGGUNG)
18105040043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (OBJEKTIFIKASI AKHLAK PEDULI LINGKUNGAN MASYARAKAT MUSLIM DESA LOSARI KECAMATAN TLOGOMULYO KABUPATEN TEMANGGUNG)
18105040043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Masyarakat Desa Losari memiliki sistem kepercayaan yang tercermin pada praktik dan tradisi pertanian yang mempengaruhi tindakan dan cara hidup. Pada musim tembakau petani di Desa Losari mengadakan ritual/slametan sebagai media untuk mendoakan leluhur, meminta ijin kepada alam dan bentuk ungkapan raya syukur kepada Tuhan yang telah memberikan kehidupan kepada masyarakat Desa Losari. Hal ini didasarkan pada pandangan ajaran pendahulu bahwa semua yang diciptakan Tuhan harus dijaga dengan baik. Selain itu, masyarakat mengekpresikan rasa syukurnya dengan mangadakan kesenian sebagai upaya untuk menjaga dan melestarikan kebudayaan yang ada. Namun seiring berjalannya waktu, prosesi ritual/tradisi yang dilakukan mengalami pergeseran makna dan kehilangan kesakralannya. Penelitian ini hendak menjawab dua hal, yakni bagaimana praktik akhlak menjaga lingkungan masyarakat Desa Losari dan bagaimana mekanisme objektivikasi perilaku menjaga lingkugan masyarakat Desa Losari. Penelitian ini melihat praktik pertanian yang dilakukan masyarakat Desa Losari dalam kerangka teori Objektivikasi Peter L Berger. Dimana teori ini ingin melihat asal-muasal tindakan manusia yang berdasarkan pada interaski intersubjektif yang dilembagakan dan mengalami intitusionalisasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara kepada Kepala Desa, Kepala Dusun, Seseupuh Desa dan lima masyarakat terpilih. Kemudian observasi dan dokumentasi. Analisis data penelitian dilakukan dengan cara, mengumpulkan data, mereduksi data dengan membuat kategorisasi terhadap data, menyajikan data secara deskriptif naratif, gambar dan table, kemudian analisis terhadap data. Hasil penelitian ini menunjukkan: Pertama, masyarakat muslim Desa Losari melakukan berbagai praktik menjaga lingkungan. Seperti, ritual nyecel, among tebal, wiwit mbako, ngimbu, ngrajang dan nganjang. Praktik dilakukan secara individu dan bereklompok sesuai dengan tradisi yang ada. Kedua, praktik yang dilakukan masyarakat muslim Desa Losari terbangun dari kesadaran kolektif masyarakat yang membentuk prinsip, nilai dan makna melalui tradisi dan akhlak menjaga lingkungan. Misalnya, masyarakat Desa Losari dalam bertani selalu memperhatikan keselasaran terhadap alam, tradisi dan entitas lain diluar diri mereka. Seperti melakukan slametan sebelum melakukan sesuatu yang berhubungan dengan pertanian. Selain itu, dalam beberapa praktik dan tradisi yang dilakukan masih melibatkan anak muda Desa Losari guna menanamkan prinsip, nilai dan makna dari tradisi menjaga lingkungan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Abd Aziz Faiz, M.Hum
Uncontrolled Keywords: Ritual, Tradisi, Praktik, Petani, Tembakau, Desa Losari
Subjects: Akhlak - Etika
Sosiologi
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 20 Feb 2024 09:26
Last Modified: 20 Feb 2024 09:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63889

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum