MANAJEMEN KEUANGAN PENDIDIKAN PERSPEKTIF CASHFLOW QUADRANT PADA PENYELENGGARA PENDIDIKAN STUDI YAYASAN GISTRAV ISLAMIA INTERNASIONAL YOGYAKARTA

Isna Sa’diyah, NIM.: 19104090089 (2023) MANAJEMEN KEUANGAN PENDIDIKAN PERSPEKTIF CASHFLOW QUADRANT PADA PENYELENGGARA PENDIDIKAN STUDI YAYASAN GISTRAV ISLAMIA INTERNASIONAL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN KEUANGAN PENDIDIKAN PERSPEKTIF CASHFLOW QUADRANT PADA PENYELENGGARA PENDIDIKAN STUDI YAYASAN GISTRAV ISLAMIA INTERNASIONAL YOGYAKARTA)
19104090089_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN KEUANGAN PENDIDIKAN PERSPEKTIF CASHFLOW QUADRANT PADA PENYELENGGARA PENDIDIKAN STUDI YAYASAN GISTRAV ISLAMIA INTERNASIONAL YOGYAKARTA)
19104090089_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Manajemen keuangan pendidikan merupakan hal yang penting pada lembaga pendidikan termasuk yayasan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui manajemen keuagan pendidikan pada Yayasan Gistrav Islamia Internasional yang dipetakan dalam cashflow quadrant. Cashflow quadrant dipopulerkan oleh Robert T. Kiyosaki yang dimana memetakan orang dalam hubungan dengan bekerja untuk mencapai kebebasan keuangannya (financial freedom) yang dijelaskan dalam 4 kuadran yaitu E (employee), S (self-employee), B (business) dan I (investment). Dalam penelitian ini cashflow quadrant yang digunakan disesuaikan dengan lembaga pendidikan yaitu Sd (student donation), Gd (goverment donation), B (business) dan I (investement). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di Yayasan Gistrav Islamia Internasional Yogyakarta dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi dan observasi. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala dan bendahara Yayasan Gistrav Islamia Internasional Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan teknik keabsahan data triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah transcribing, coding, grouping, comparing and constrasting. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen keuangan pendidikan di Yayasan Gistrav Islamia Internasional Yogyakarta adalah sebagai berikut. 1 penyusunan anggaran yang dilakukan oleh Yayasan Gistrav Islamia Internasional Yogyakarta berupa penyusunan RAPBS sekolah Gistrav Islamia School Yogyakarta. 2 pencatatan keuangan secara sistem akuntansi (accounting) dengan software jurnal.id dan mumtaz. 3 pemeriksaan keuangan yayasan dilakukan secara internal dan eksternal. 4 pertanggungjawaban keuangan dilakukan dengan menggunakan jasa auditor independen. Sumber keuangan yang dimiliki Yayasan Gistrav Islamia Internasional Yogyakarta jika dipetakan dalam cashflow quadrant berada pada kuadran Sd (Student donation) yang berupa spp siswa, biaya daftar ulang, biaya kontribusi peserta dan biaya ekstrakurikuler.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Muhammad Iskhak, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: cashflow quadrant; student donation; goverment donation
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 22 Feb 2024 13:38
Last Modified: 22 Feb 2024 13:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63910

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum