PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SMP ISLAM AL AZHAR 15 CILACAP

Nakiah, NIM.: 19204010020 (2023) PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SMP ISLAM AL AZHAR 15 CILACAP. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SMP ISLAM AL AZHAR 15 CILACAP)
19204010020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SMP ISLAM AL AZHAR 15 CILACAP)
19204010020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Perubahan zaman dan degradasi moral yang mengkhawatirkan menjadikan pembentukan karakter religius peserta didik penting untuk dilakukan, karena dengan bekal agama yang cukup akan memberikan peserta didik dasar yang kuat ketika akan bertindak. Namun fakta di lapangan menunjukkan bahwa rata-rata orang tua peserta didik di SMP Islam Al Azhar 15 Cilacap merupakan orang sibuk atau pekerja. Dengan demikian peran dari orang tua dalam mendidik anak menjadi sedikit dan ukurannya berkurang, sehingga butuh penguatan dan perhatian lebih serius dari sekolah dalam pembentukan karakter religius peserta didik di SMP Islam Al Azhar 15 Cilacap. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembentukan karakter religius peserta didik dan strategi pembentukan karakter religius peserta didik di SMP Islam Al Azhar 15 Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru PAI, koordinator keagamaan, koordinator kesiswaan, koordinator kurikulum, koordinator keputriaan, dan lima orang peserta didik. Pemilihan subjek penelitian ditentukan dengan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah yang digunakan oleh Miles dan Hubermen yakni menelaah data yang telah dikumpulkan, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan pertama pembentukan karakter religius peserta didik di SMP Islam Al Azhar 15 Cilacap paling banyak dikembangkan melalui aspek dimensi praktik ibadah yakni kegiatan muraja’ah, shalat dhuha, berdo’a, dzikir bersama, tadarus Al-Qur’an, tahsin, shalat dzuhur berjama’ah, shalat sunnah rawatib, muqayyam, serta qur’anic camp, selanjutnya dimensi pengamalan keagamaan melalui kegiatan infaq, jum’at berkah, ‘amil zilenial, dan 5S (senyum, salam sapa, sopan, santun) serta dimensi keyakinan keagamaan melalui kegiatan ikrar dan dimenesi pengetahuan keagamaann melalui kegiatan keputrian. Kedua, strategi pembentukan karakter religius peserta didik di SMP Islam Al Azhar 15 Cilacap sudah mengaplikasikan tiga tahapan komponen strategi yakni moral knowing, moral feeling, moral acting yang harus dilalui peserta didik dalam pembentukan karakter religius, namun masih terdapat kekurangan dalam tahap moral feeling.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. H. Tasman Hamami, M.A.
Uncontrolled Keywords: karakter religius; religius knowledge; pembentukan karakter
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 22 Feb 2024 13:42
Last Modified: 22 Feb 2024 13:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63911

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum