PENDIDIKAN ISLAM BERDIKARI DALAM MEMBENTUK KETAQWAAN DAN KEMANDIRIAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN ISLAMIC STUDY CENTER (ISC) ASWAJA LINTANG SONGO PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA

Imam Khoriyadi, NIM.: 19204010076 (2023) PENDIDIKAN ISLAM BERDIKARI DALAM MEMBENTUK KETAQWAAN DAN KEMANDIRIAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN ISLAMIC STUDY CENTER (ISC) ASWAJA LINTANG SONGO PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN ISLAM BERDIKARI DALAM MEMBENTUK KETAQWAAN DAN KEMANDIRIAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN ISLAMIC STUDY CENTER (ISC) ASWAJA LINTANG SONGO PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA)
19204010076_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN ISLAM BERDIKARI DALAM MEMBENTUK KETAQWAAN DAN KEMANDIRIAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN ISLAMIC STUDY CENTER (ISC) ASWAJA LINTANG SONGO PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA)
19204010076_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Lajunya perkembangan teknologi menghadirkan banyak fenomena yang menjadi acuan untuk membangun Pendidikan dan Kesejahteraan Masyarakat lebih maju lagi. Dominasi pengaruh dari media daring terkhusus media sosial yang kini menjadi panutan oleh para generasi penerus bangsa kita, membuat mereka kini memiliki ketergantungan yang berlebihan terhadap teknologi. Tentu dalam membangun peradaban yang lebih baik dibutuhkan generasi yang kuat dan taat terhadap tuhannya dalam menghadapi lanjunya perkembangan peradaban ini. Pembentukkan jiwa Berdikari merupakan salah satu solusi untuk memberikan bekal hidup yang tidak sekedar hidup kepada generasi penerus kita guna mewujudkan generasi emas 2045 Republik Indonesia kedepan. Jiwa Berdikari akan terbentuk dari pembentukkan ketaqwaan dan kemandirian seseorang hingga mereka terbiasa untuk senantiasa mempertahankan cara hidup berikhtiar tidak mengandalkan cara hidup instan, kembali melestarikan alam dan menjadi manusia yang rahmatanlil’alamin. Maka dalam penerapan solusi ini, dibutuhkan lembaga pendidikan yang fokus membentuk jiwa Berdikari pada peserta didiknya. Lembaga pendidikan yang peneliti temukan adalah Pondok Pesantren Islamic Study Center (ISC) Aswaja Lintang Songo Piyugan Bantul Yogyakarta. Pondok Pesantren Islamic Study Center (ISC) Aswaja Lintang Songo memiliki peran penting dalam pembentukkan jiwa berdikari para generasi penerus bangsa ini, hal tersebut dibuktikan dengan diraihnya berbagai macam penghargaan Nasional yang diberikan kepada pondok pesantren ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep dan implementasi dari Pendidikan Islam Berdikari dalam membentuk ketaqwaan dan kemandirian santri di Pondok Pesantren Islamic Study Center (ISC) Aswaja Lintang Songo, serta dampak yang dihasilkan dari implementasinya. Penelitian ini merupakan peneltian lapangan dengan metode kualitatif. Subyek penelitian ini yaitu Kyai, para Asatidz dan Asatidzah, enam orang santri dan warga sekitar pondok pesantren. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Adapun analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, Pendidikan Islam Berdikari dalam membentuk ketaqwaan dan kemandirian santri di Pondok Pesantren Islamic Study Center (ISC) Aswaja Lintang Songo terkonsep dengan baik sesuai dengan unsur-unsur dan ruang lingkup dalam Pendidikan Islam yang seharusnya. Konsep tersebut tertuang kedalam tiga tahapan diantaranya: a) perencanaan/plan dengan penyelarasan visi, misi, fungsi dan tujuan yang dituangkan kedalam program dan pelaksanaan dalam bentuk kegiatan rutin pondok pesantren; kegiatan spontan; pengondisian; keteladanan kemudian pemahaman atau sosialisasi ketentuan dan aturan; b) implementasi dan pelaksanaan yang dilakukan secara sadar, rutin, disiplin, baik, benar dan penuh tanggung jawab; c) evaluasi dan dokumentasi yang dilakukan setiap pekan, bulanan, semester dan tahunan. Kedua, Implementasi Pendidikan Islam Berdikari di Pondok Pesantren Islamic Study Center (ISC) Aswaja Lintang Songo Piyungan Bantul berjalan dengan program rutin yang telah terjadwal dengan rapi kemudian kegiatan spontan yang senantiasa terlaksana dengan baik diiringi dengan pengondisian sarana dan prasarana yang memadahi dan selalu ditingkatkan juga yang terpenting melalui keteladanan yang dilakukan oleh Kyai para pendidik Ustadz dan Ustadzah serta masyarakat sekitar dan diperkuat oleh pemahaman atau sosialisasi ketentuan dan aturan yang ada di Pondok Pesantren Islamic Study Center (ISC) Aswaja Lintang Songo. Ketiga, dampak dari Pendidikan Islam Berdikari dalam membentuk ketaqwaan dan kemandirian santri di Pondok Pesantren Islamic Study Center (ISC) Aswaja Lintang Songo adalah secara internal terciptanya santri dengan pribadi yang kuat keikhlasannya, senantiasa bersyukur dan berprasangka baik kepada Allah, taat beribadah, kuat iman, kesederhanaan yang mendarah daging, percaya diri, ketidaktergantungan terhadap keduniaan, optimis, mempunyai orientasi tugas serta hasil yang logis dan kredibel, berani dan cerdas dalam pengambilan risiko, legalitas keorisinilan diri: kreatif, inovatif, luwes, punya banyak sumber, banyak tahu, serba bisa dalam pengabdian di masyarakat, mampu bertingkah laku pemimpin siap memimpin dan siap dipimpin, luwes serta selektif bergaul dengan orang lain dan dapat menerima saran juga kritik, memiliki orientasi pandangan ke masa depan dalam prespektif yang jelas, terukur dan terarah. Kemudian dampaknya secara eksternal adalah Masyarakat yang berada di sekitaran lingkungan Pondok Pesantren mendapatkan kesempatan mengikuti forum kajian rutin setiap malam hari terkhusus di malam rabu mengaji kitab, selain itu Pondok Pesantren Islamic Study Center (ISC) Aswaja Lintang Songo mengadakan secara rutin sebulan sekali mujahadah bersama Masyarakat, kemudian diadakannya juga Taman Pengajian Al-Qur’an (TPQ) untuk anak-anak dan madin setiap hari senin, rabu dan jum’at. Selain di ranah keagamaan manfaat yang didapat oleh Masyarakat dengan adanya Pondok Pesantren Islamic Study Center (ISC) Aswaja Lintang Songo ini adalah Masyarakat mendapatkan ilmu dan pengalaman entrepreneurship dari berbagai bidang seperti pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, perhutanan, home industri, konveksi, garden, kuliner, tata kelola sampah dan tata kelola managemen usaha, semua bidang tersebut langsung dibimbing dan dibina dari akademisi, PPL, ahli, pakar serta praktisi yang bekerjasama dengan Pondok Pesantren Islamic Study Center (ISC) Aswaja Lintang Songo, selain itu Masyarakat sekitar juga mendapatkan jaringan relasi yang luas dan bantuan dari berbagai instansi. Kemudian Masyarakat mendapatkan lapangan pekerjaan, pengelolaan sampah gratis, pengelolaan lahan dengan teknologi canggih seperti mesin untuk tanam, perawatan, panen dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Imam Machali, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam; berdikari; ketaqwaan santri
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 22 Feb 2024 13:44
Last Modified: 22 Feb 2024 13:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63912

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum