PENGARUH KOMPETENSI LITERASI DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN PEMBELAJARAN BERBASIS TIK DI TK KABUPATEN BANTUL

Nabila G. Pratiwi, NIM.: 20104030001 (2023) PENGARUH KOMPETENSI LITERASI DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN PEMBELAJARAN BERBASIS TIK DI TK KABUPATEN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KOMPETENSI LITERASI DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN PEMBELAJARAN BERBASIS TIK DI TK KABUPATEN BANTUL)
20104030001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KOMPETENSI LITERASI DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN PEMBELAJARAN BERBASIS TIK DI TK KABUPATEN BANTUL)
20104030001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Fenomena yang terjadi pada saat ini, guru masih minim dalam teknik pembelajaran dan belum banyak penguasaan dalam media pengajaran. Kurangnya kreatifitas guru dalam menggunakan IT dalam pembelajaran yang mengakibatkan pembelajaran kurang meningkat dan monoton. Kompetensi literasi digital guru sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas untuk mendukung pembelajaran yang kreatif. Dalam hal ini guru perlu memiliki kompetensi agar dapat mengimplementasikan ke dalam pembelajaran materi tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kompetensi literasi digital berpengaruh terhadap kemampuan guru dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis TIK. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan memiliki dua variabel yaitu Kompetensi Literasi Digital sebagai variabel bebas dan Kemampuan Guru Dalam Mengembangkan Pembelajaran Berbasis TIK sebagai variabel terikat. Peneliti mengambil 59 guru sebagai sampel di TK Kabupaten Bantul sebagai responden. Teknik pengumpulan data yakni dengan pemberian kuesioner (angket) secara online dengan menggunakan Google form dan menggunakan Likert Scale Summated dengan skala ukur interval yang diolah menggunakan aplikasi bantu yaitu SPSS versi 22 for windows. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada korelasi dan pengaruh yang positif. Hal ini dibuktikan dengan analisis data dihasilkan r hitung dan dibandingkan dengan r tabel karena untuk N = 57 dengan taraf signifikan 5% r hitung (0,570) lebih besar dari r tabel (0,2162). Jadi, antara kompetensi literasi digital dengan kemampuan guru dalam mengembangkan pembelajaran berbasis TIK hubungannya kuat. Kompetensi literasi digital yang baik maka akan berdampak pada kemampuan guru dalam mengembangkan pembelajaran berbasis TIK yang semakin baik pula.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Eko Suhendro M.Pd.
Uncontrolled Keywords: kompetensi guru; literasi digital; media pembelajaran; TIK
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 22 Feb 2024 14:11
Last Modified: 22 Feb 2024 14:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63915

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum