IMPLEMENTASI PERMAINAN LADDER SNAKE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA DI TK ABA SURYOWIJAYAN KECAMATAN MANTRIJERON, KOTA YOGYAKARTA

Putri Lolita Harahap, NIM.: 20104030028 (2023) IMPLEMENTASI PERMAINAN LADDER SNAKE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA DI TK ABA SURYOWIJAYAN KECAMATAN MANTRIJERON, KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PERMAINAN LADDER SNAKE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA DI TK ABA SURYOWIJAYAN KECAMATAN MANTRIJERON, KOTA YOGYAKARTA)
20104030028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PERMAINAN LADDER SNAKE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA DI TK ABA SURYOWIJAYAN KECAMATAN MANTRIJERON, KOTA YOGYAKARTA)
20104030028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan mengenal angka merupakan salah satu aspek penting pada perkembangan anak yang harus diperhatikan untuk mempersiapkan anak memasuki jenjang pendidikan berikutnya. Kehidupan anak tidak terlepas dari yang namanya penggunaan angka, maka dari itu angka harus dikenalkan sejak dini pada anak-anak. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa kemampuan mengenal angka pada anak di TK ABA Suryowijayan masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka dengan permainan ladder snake di TK ABA Suryowijayan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklus sebanyak tiga kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu anak kelompok B yang berjumlah 11 yang terdiri dari 4 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: (1) Kemampuan mengenal angka pada anak sebelum diterapkan permainan ladder snake yaitu kemampuan mengenal angka mereka masih rendah. (2) Kemampuan mengenal angka pada anak saat diterapkan permainan ladder snake yaitu kemampuan mengenal angka mereka sudah mulai menunjukkan peningkatan walaupun masih belum maksimal. (3) Kemampuan mengenal angka pada anak setelah diterapkan permainan ladder snake yaitu anak-anak sudah menunjukkan peningkatan yang cukup pesat. Permainan ladder snake atau yang biasa dikenal dengan permainan ular tangga dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka pada anak, yaitu: mampu membilang angka 1-10 secara urut, anak mampu membedakan angka 6 dan 9, anak mampu mencocokkan bilangan dengan benda dengan tepat, dan anak mampu menulis angka 1-10. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan bahwa hasil penelitian pada siklus I mendapatkan rata-rata persentase 50,56% dengan kriteria Mulai Berkembang (MB) dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan mendapatkan rata-rata persentase 91,47% dengan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB). Dengan adanya peningkatan tersebut maka penelitian dihentikan karena telah mencapai target yang ditentukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Eko Suhendro M.Pd.
Uncontrolled Keywords: permainan; pembelajaran anak; mengenal angka; Permainan Ladder Snake
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 23 Feb 2024 09:41
Last Modified: 23 Feb 2024 09:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63916

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum