STUDI KOMPARATIF KITAB SYARAH HADIS ARBA’IN NAWAWI KARYA IBN DAQIQ AL ‘ID DAN AL WAFI KARYA MUSTAFA DIEB AL BUGA DAN MUHYIDDIN MISTU

Zaky Muhammad Aqil, NIM.: 20105050047 (2024) STUDI KOMPARATIF KITAB SYARAH HADIS ARBA’IN NAWAWI KARYA IBN DAQIQ AL ‘ID DAN AL WAFI KARYA MUSTAFA DIEB AL BUGA DAN MUHYIDDIN MISTU. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARATIF KITAB SYARAH HADIS ARBA’IN NAWAWI KARYA IBN DAQIQ AL ‘ID DAN AL WAFI KARYA MUSTAFA DIEB AL BUGA DAN MUHYIDDIN MISTU)
20105050047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPARATIF KITAB SYARAH HADIS ARBA’IN NAWAWI KARYA IBN DAQIQ AL ‘ID DAN AL WAFI KARYA MUSTAFA DIEB AL BUGA DAN MUHYIDDIN MISTU)
20105050047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Arba’in Nawawi merupakan salah satu kitab hadis empatpuluh yang paling populer dan banyak dijadikan kurikulum wajib di berbagai lembaga-lembaga pendidikan islam di Nusantara bahkan di dunia. Pengarang kitab ini adalah seorang ulama besar bermażhab Asy-Syafi’i yang sudah tidak diragukan lagi akan ke’alimannya, beliau adalah Al-Imam Al-Ḥafiẓ Al-Faqih Al-Muḥaddis Muḥyiddin Abu Zakaria Yaḥya bin Syaraf Ad-Din bin Murri bin Ḥasan Al-Ḥizami Al-Ḥawarani An-Nawawi Asy-Syafi’i, Adapun judul asli dari kitab ini adalah “Al-Arba’un fi Mabani Al-Islam wa Qawa’idi Al-Aḥkam. Meskipun kitab ini bernama Arba’in yang secara harfiyah berarti empatpuluh, tetapi jumlah hadis dalam kitab ini ada empatapuluh dua hadis. Kitab ini telah disyaraḥ oleh puluhan bahkan ratusan ulama, banyak dari ulama-ulama besar yang mensyarah kitab ini seperti Imam Ibn Daqiq al-Id, Abu Zar’ah Al-Iraqi, Zakariya Al-Anṣari, Ibn Ḥajar Al-Haitami dll. Contoh dari kitab syaraḥ Arba’in Nawawi adalah kitab Syaraḥ Ibn Daqiq Al-Id dan kitab Al-Wafi karya Muṣṭafa Dieb Al-Buga dan Muḥyiddin Mistu, dua kitab syaraḥ inilah yang penulis jadikan objek utama dalam penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif dan termasuk dalam jenis penelitian kepustakaan (library reseach), yang datanya bersumber dari pustaka dan menggunakan analisis isi dan komparasi. Fokus dari penelitian ini tentang bagaimana metode yang digunakan dalam kitab Syaraḥ Ibn Daqiq dan kitab Al-Wafi karya Muṣṭafa Dieb al-Buga dan Muḥyiddin Mistu serta apa komparasi dari kedua kitab syaraḥ tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah, terdapat perbedaan diantara kedua kitab Syaraḥ Ibn Daqiq Al-Id dan kitab Al-Wafi, kitab Syaraḥ Ibn Daqiq secara dominan menggungkan metode Ijmali dan kadang kala menggunakan metode Taḥlili, sedangkan kitab Al-Wafi cenderung menggunakan metode Taḥlili pada setiap syaraḥ hadisnya. Sistematika pensyarahan dari kedua kitab tersebut juga berbeda, Ibn Daqiq dalam mensyaraḥ hadis biasanya diawali dengan redaksi “qauluhu”, sedangkan Muṣṭafa Dieb Al-Buga dan Muḥyiddin Mistu cenderung membaginya kedalam beberapa sub-bab dan poin-poin sehingga pensyarahannya terlihat rapih dan sistematis serta dapat memudahkan para pembaca kitab ini. Selain perbedaan, kedua kitab ini juga memiliki beberapa persamaan yaitu, sama-sama didominasi corak linguistik dan fiqh, dan sama-sama melakukan takhrij hadis dalam setiap syaraḥnya walaupun terdapat beberapa perbedaan dalam penyebutan takhrij hadis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Indal Abror, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Syaraḥ Ibn Daqiq, Al-Wafi, Syaraḥ
Subjects: Ilmu Hadits
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Hadis (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 21 Feb 2024 08:05
Last Modified: 21 Feb 2024 08:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63929

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum