PENGARUH POLA ASUH TERHADAP PERILAKU PICKY EATER PADA ANAK USIA 1-6 TAHUN MENURUT PERSEPSI ORANG TUA DI RT 04 RW 16 KELURAHAN SUKASARI KOTA TANGERANG

Hanum Putrisia Royani, NIM.: 20104030038 (2023) PENGARUH POLA ASUH TERHADAP PERILAKU PICKY EATER PADA ANAK USIA 1-6 TAHUN MENURUT PERSEPSI ORANG TUA DI RT 04 RW 16 KELURAHAN SUKASARI KOTA TANGERANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH POLA ASUH TERHADAP PERILAKU PICKY EATER PADA ANAK USIA 1-6 TAHUN MENURUT PERSEPSI ORANG TUA DI RT 04 RW 16 KELURAHAN SUKASARI KOTA TANGERANG)
20104030038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH POLA ASUH TERHADAP PERILAKU PICKY EATER PADA ANAK USIA 1-6 TAHUN MENURUT PERSEPSI ORANG TUA DI RT 04 RW 16 KELURAHAN SUKASARI KOTA TANGERANG)
20104030038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan teori ekologi yang dinyatakan oleh Urie Bronfenbrenner, perilaku atau perkembangan anak dipengaruhi oleh lingkungan sosial anak. Lingkungan sosial anak terbagi menjadi lima sistem yakni mikrosistem, mesosistem, ekosistem, makrosistem, dan kronosistem. Lingkungan mikrosistem merupakan lingkungan yang langsung berinteraksi dengan anak seperti orang tua, keluarga, teman sebaya dan lingkungan sekolah. Secara teori, pengaruh pola asuh yang diterapkan orang tua berdampak pada perilaku atau perkembangan anak. Teori ini dikuatkan oleh penelitian yang dilakukan oleh Chilman yang menyatakan bahwa, pola asuh otoriter cenderung mempengaruhi perilaku picky eater pada anak. Akan tetapi, penelitian yang dilakukan oleh Rufaida dan Lestari menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh pola asuh terhadap perilaku picky eater. Jadi, meskipun orang tua menerapkan pola asuh demokratis, namun ada juga anak yang mengalami picky eater, sehingga hasil penelitian tidak konsisten karena ada yang menyatakan berpengaruh dan ada yang tidak. Oleh karena itu, penelitian ini penting untuk diteliti karena, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pola asuh berpengaruh pada perilaku picky eater pada anak usia 1-6 tahun menurut persepsi orang tua di RT 04 RW 16 Kelurahan Sukasari Kota Tangerang. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan memiliki dua variabel yaitu Pola Asuh sebagai variabel bebas dan Perilaku Picky eater sebagai variabel terikat. Peneliti mengambil 30 populasi orang tua yang memiliki anak berusia 1-6 tahun di RT 04 RW 16 Kelurahan Sukasari Kota Tangerang sebagai responden. Teknik pengumpulan data yakni penelitian lapangan (field research) yang dilakukan dengan menyebar kuesioner (angket) yang diolah menggunakan aplikasi bantu yaitu SPSS versi 29. Teknik Analisis Data pada penelitian ini meliputi: uji validitas,uji realibilitas,uji nomalitas,uji linearitas dan uji hipotesis yang mana pada penelitian ini menggunakan uji T hitung dan uji koefisien determinasi. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan ini, menunjukkan bahwa pola asuh tidak memiliki pengaruh terhadap perilaku picky eater pada anak. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi yang diperoleh yaitu 0,395 lebih besar daripada 0,05 dan diperkuat pada hasil uji T hitung didapatkan hasil nilai thitung sebesar -0,863 (negative) yang lebih kecil dari nilai <

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Hafidh ‘Aziz, S.Pd.I., M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: pola asuh; Picky eater; anak usia dini
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 23 Feb 2024 09:42
Last Modified: 23 Feb 2024 09:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63934

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum