KERJA SAMA GURU DAN ORANG TUA DALAM PEMBERIAN GIZI PADA ANAK DI TK ‘AISIYAH BUSTANUL ATFHAL ( ABA ) SAPEN YOGYAKARTA

Nadaina Fadhila Mannana, NIM.: 20104030065 (2023) KERJA SAMA GURU DAN ORANG TUA DALAM PEMBERIAN GIZI PADA ANAK DI TK ‘AISIYAH BUSTANUL ATFHAL ( ABA ) SAPEN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KERJA SAMA GURU DAN ORANG TUA DALAM PEMBERIAN GIZI PADA ANAK DI TK ‘AISIYAH BUSTANUL ATFHAL ( ABA ) SAPEN YOGYAKARTA)
20104030065_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KERJA SAMA GURU DAN ORANG TUA DALAM PEMBERIAN GIZI PADA ANAK DI TK ‘AISIYAH BUSTANUL ATFHAL ( ABA ) SAPEN YOGYAKARTA)
20104030065_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini tidak hanya memberikan layanan pendidikan, melainkan juga memberikan program pemberian gizi yang dilaksanakan melalui pemberian makanan sehat yang seimbang guna mendukung pertumbuhan dan perkembangan jasmani, rohani dan kesehatan anak. Program pemberian gizi tentunya juga membutuhkan dukungan kerja sama antara guru dan orang tua untuk kelancaran dari program yang dilaksanakan. Selain untuk mencakup kebutuhan gizi dalam pemberian makanan dapat menghindarkan mereka dari konsumsi jajanan yang mungkin tidak terjamin kebersihan dan kesehatannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kerja sama orang tua dalam pemberian gizi pada anak di TK ABA Sapen Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian mencakup kepala sekolah TK ABA Sapen, Guru, dan Orang tua. Penelitian ini hanya menggunakan 2 analisis data yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunnjukkan adanya kerja sama antara guru dan orang tua sangat penting dalam pemberian gizi bagi anak. Adapun beberapa program yang dilaksanakan oleh TK ABA Sapen dalam pemberian gizi anak adalah : 1) Taman gizi, dilakukan setiap kamis kecuali bulan Ramadhan. Kegiatan ini berupa makan bersama tiap kelas dengan para guru. 2) PMTAS (pemberian makanan tambahan anak sekolah), program yang didanai oleh BOP dengan kegiatan program berupa anak-anak yang mendapatkan makanan tambahan berupa : nasi box, buah, sayur, dan snack. 3) Parenting, sebuah program edukasi kepada orang tua dengan dengan rentan satu kali dalam sebulan tentang berbagai problem-problem yang akan maupun sedang dialami oleh anak. Dalam penerapan program pemberian gizi bagi anak, terdapat faktor pendukung seperti : a) Bantuan dana, b) Antusias orang tua dalam pelaksanaan program, c) Fasilitas, sarana dan prasarana sekolah yang memadai, d) Dukungan orang tua dalam pelaksanaan program tentu akan sangat membantu pihak sekolah dalam menjalankan pemberian gizi pada anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Nadlifah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: guru; orang tua; gizi anak; anak usia dini
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 22 Feb 2024 08:40
Last Modified: 22 Feb 2024 08:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63935

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum