AL-QUR’AN TERJEMAH BERWAJAH I’JAZ: ANALISIS BUNYI DAN HURUF DALAM AL-QUR’AN AL-KARIM DAN TERJEMAH BEBAS BERSAJAK DALAM BAHASA ACEH

I’syatul Luthfi, NIM.: 21205031014 (2023) AL-QUR’AN TERJEMAH BERWAJAH I’JAZ: ANALISIS BUNYI DAN HURUF DALAM AL-QUR’AN AL-KARIM DAN TERJEMAH BEBAS BERSAJAK DALAM BAHASA ACEH. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AL-QUR’AN TERJEMAH BERWAJAH I’JĀZ: ANALISIS BUNYI DAN HURUF DALAM AL-QUR’AN AL-KARIM DAN TERJEMAH BEBAS BERSAJAK DALAM BAHASA ACEH)
21205031014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (AL-QUR’AN TERJEMAH BERWAJAH I’JĀZ: ANALISIS BUNYI DAN HURUF DALAM AL-QUR’AN AL-KARIM DAN TERJEMAH BEBAS BERSAJAK DALAM BAHASA ACEH)
21205031014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

I’jaz Al-Qur’an merupakan diskusi yang sangat sensitif sepanjang sejarah umat Islam karena objek yang didiskusikan tidak pernah lekang dari argumen keilahian. Pernyatan yang hampir tidak bisa diganggu gugat terkait terjemahan Al-Qur’an bahwa terjemahan Al-Qur’an dianggap beyond dari aspek keilahian Al-Qur’an, dalam artian ia bukan bagian dari Al-Qur’an. Namun, pelacakan terhadap pemahaman keilahian Al-Qur’an sejak masa awal kenabian, menunjukkan ada beragam klaim terkait interpretasi kekultusan Al-Qur’an, termaksud makna Al- Qur’an, bunyi dan strukturnya. Penelitian ini menujukkan bahwa ATBA (Al- Qur’an Terjemahan Bahasa Aceh) dalam beberapa teks terjemahannya mengadopsi material-material kesucian tersebut, seperti estetika bunyi Al-Qur’an dan integritas huruf terjemahan berdasarkan tematik ayat. Kerangka teoritis yang saya aplikasikan untuk mendeteksi estetika bunyi dalam ATBA adalah ‘Ilmu al-Ṡaut (sifat al-Huruf), sedangkan untuk mengobservasi integritas huruf dalam ATBA, penelitian ini mengaplikasikan kerangka teori The ‘word’ as a Theme yang dikembangkan oleh Toorawa. Hasil analisis dari kedua kerangka teori tersebut menghasilkan dua kesimpulan, Pertama: Upaya visualisasi estetika bunyi Al-Qur’an ditempuh Mahjiddin dengan beberapa cara, anatara lain: Menentukan karakter estetika bunyi Al-Qur’an berdasarkan fonem yang dihasilkan dari huruf-huruf Al-Qur’an, kemudian menerapkan bunyi tersebut dalam teks ATBA dengan memilih kosa kata bahasa Aceh yang memiliki nuansa bunyi yang mirip dengan estetika bunyi Al- Qur’an, menerjemahkan fi’il nakisah dengan cara menginterpretasi makna ayat, dan mempertahankan teks ayat asli ayat dalam bait terjemahan. Kedua, Intergritas huruf dalam ATBA diterjemahkan berdasarkan klasifikasi ḥizb Al-Qur’an. Integritas huruf dalam bait terjemahan sangat konsisten diterapkan oleh Mahjiddin berdasarkan hizb Al-Qur’an dengan peralihan tema-tema yang panjang, sedangkan ayat-ayat dengan peralihan tema yang singkat diterjemahkan dengan pola integritas yang sedikit acak. Terjemahan berwajah i’jāz (visualisasi estetika bunyi Al-Qur’an dan integritas huruf) pada ATBA tidak dilepaskan dari ekslusivitas fonem bahasa Aceh serta pola sajak Aceh. Aplikasi terjemahan berwajah i’jāz berdasarkan data dalam penelitian ini, berhasil menciptakan pemaknaan yang komprehensif terhadap makna Al-Qur’an serta dapat mempengaruhi psikologi pendengar dan pembaca, sehingga pesan Al-Qur’an dapat tersampaikan dengan baik dan mudah diingat. Namun di sis lain, penerapan ini juga berimplikasi pada ambiguitas makna yang terjadi karena keterbatasan kosa kata bahasa Aceh dan perbedaan fonem antara bahasa aceh dan bahasa Arab. Terjemahan dengan model ini juga memaksa Mahjiddin keluar dari pemaknaan koridor tafsir yang dia rujuk karena dia harus patuh dengan pola-pola sajak Aceh.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Adib Sofia, S.S.,M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Ijaz Al-Qur’an, Al-Qur’an Terjemah Bahasa Aceh, Ilmu al-Saut dan The “word’ as a Theme
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur'an dan Tafsir (S2)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 21 Feb 2024 10:02
Last Modified: 21 Feb 2024 10:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63945

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum