PERAN PONDOK PESANTREN DALAM MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN SANTRI PONDOK PESANTREN AL-IMDAD BANTUL YOGYAKARTA

Intan Rizka Amalia, NIM.: 14410015 (2021) PERAN PONDOK PESANTREN DALAM MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN SANTRI PONDOK PESANTREN AL-IMDAD BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN PONDOK PESANTREN DALAM MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN SANTRI PONDOK PESANTREN AL-IMDAD BANTUL YOGYAKARTA)
14410015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN PONDOK PESANTREN DALAM MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN SANTRI PONDOK PESANTREN AL-IMDAD BANTUL YOGYAKARTA)
14410015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perubahan pekembangan zaman yang pesat dan era modernitas sekarang ini, pondok pesantren dituntut melakukan perubahan. Karena santri tidak bisa hanya mengandalkan penguasaan ilmu agama saja, tanpa disertai dengan keahlian lain untuk bertahan dalam persaingan dunia kerja. Potensi dan peran pondok pesantren mempunyai nilai yang cukup strategis dan signifikan dalam memberikan sumbangsih perannya bagi peningkatan keswadayaan, kemandirian, dan partisipasi santri. Pengembangan kewirausahaan di lingkungan pesantren saat ini sudah menjadi kebutuhan apalagi jika dikaitkan dengan pendidikan pesantren yang mengedepankan kemandirian, kerja keras, disiplin dan jujur. Semua nilai-nilai yang dikembangkan dalam pesantren tersebut merupakan jiwa dalam berwirausaha. Tujuan Penelitian adalah: (1) untuk mengetahui peran pondok pesantren dalam mengembangkan pendidikan kewirausahaan santri Pondok Pesantren Al-Imdad Bantul Yogyakarta. (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pondok pesantren dalam mengembangkan pendidikan kewirausahaan santri Pondok Pesantren Al-Imdad Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan mengambil latar Pondok Pesantren Al-Imdad Bantul Yogyakarta. Adapun pengumpulan data yang dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Peran pondok pesantren dalam mengembangkan pendidikan kewirausahaan santri Pondok Pesantren Al-Imdad Bantul Yogyakarta yaitu peran pondok pesantren sebagai lembaga pelatihan, peran pondok pesantren sebagai fasilitator, peran pondok pesantren sebagai motivator. 2) Faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan pendidikan kewirausahaan santri Pondok Pesantren Al-Imdad Bantul Yogyakarta yaitu faktor pendukung meliputi, sarana dan prasarana yang memadai, tersedianya lahan/tempat, motivasi dan semangat dari pengasuh dan pengurus, dukungan Pemerintah, dan selalu mengedepankan kerjasama tim. Faktor penghambat meliputi, kurangnya pengelolaan regenerasi pengurus karena harus berganti-ganti personil, kurangnya pendampingan marketing yang menyebabkan sulitnya memasarkan produk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nur Saidah, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kewirausahaan, Pondok Pesantren, Santri
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Wirausaha
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 21 Feb 2024 09:55
Last Modified: 21 Feb 2024 09:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63947

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum