Parhatunniza, NIM.: 21205032019 (2024) RESEPSI PEMBACAAN AL-WAQI’AH AL-FADILAH DI PONDOK PESANTREN NURUL ISHLAHIYYAH YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (RESEPSI PEMBACAAN AL-WAQI’AH AL-FADILAH DI PONDOK PESANTREN NURUL ISHLAHIYYAH YOGYAKARTA)
21205032019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
Text (RESEPSI PEMBACAAN AL-WAQI’AH AL-FADILAH DI PONDOK PESANTREN NURUL ISHLAHIYYAH YOGYAKARTA)
21205032019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini mengkaji pembacaan al-waqi’ah al-fadilah di Pondok Pesantren Nurul Ishlahiyyah. Praktik pembacaan tersebut menunjukkan adanya transmisi praktik dalam meresepsi al-Qur’an. Bentuk transmisi praktik pembacaan waqiah tampak pada struktur teks yang menyusun amaliyah tersebut seperti ayat waqiah disertai dengan do’a di tengah-tengah ayat. Hal itulah yang menunjukkan amaliyah tersebut berbeda dari pada umumnya. Dengan melihat jenis kajian tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk memperluas diskusi terhadap kajian al-Qur’an sebagai salah satu amaliyah yang dibaca setiap hari. Adapun fokus pembahasan dalam penelitian ini ada dua. Pertama, bagaimana praktik pembacaan al-waqi’ah al-fadilah di Pondok Pesantren Nurul Ishlahiyyah? Kedua, bagaimana resepsi santri atas tradisi pembacaan al-waqi’ah al-fadilah di Pondok Pesantren Nurul Ishlahiyyah? Data yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah tersebut ialah hasil dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam tesis ini, saya beragumen bahwa tradisi pembacaan al-waqi’ah al-fadilah menunjukkan bentuk representasi thoriqoh Qodariyah. Melalui pendekatan teori resepsi Iser, fenomena pembacaan waqiah menujukkan pengertian baru dikalangan santri Nurul Ishlahiyyah. Pengertian tersebut berupa bentuk pemahaman yang mengatakan bahwa amaliyah tersebut merupakan bentuk kegiatan Pondok Pesantren Nurul Ishlahiyyah dan bentuk amaliyah untuk memperlancar rezeki yang diajarkan K.H. Ahmad Asrori Al-Ishaqi. Pengertian lainnya bahwa struktur teks tersebut dimaknai memiliki nilai ushlub, betuk penghambaan (tasawuf) dan bentuk pemaknaan ayat al-Qur’an yang diekspresikan dalam bentuk do’a. Keberagaman tersebut dihasilakan karena bedanya latar belakang pendidikan dari masing-masing narasumber dalam memaknai al-waqi’ah al-fadilah di Pondok Pesantren Nurul Ishlahiyyah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Dr. Subi Nur Isnaini, M.A. |
Uncontrolled Keywords: | Resepsi Al-Qur’an, Al-Waqi’ah Al-Fadilah, Amaliyah, Nurul Ishlahiyyah |
Subjects: | Ilmu Alqur’an dan Tafsir |
Divisions: | Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur'an dan Tafsir (S2) |
Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 11:45 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 11:45 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63956 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |