ETIKA PEMUDA DALAM KISAH ASHABUL KAHFI (STUDI ANALISA PADA QS. AL-KAHFI DALAM KITAB AL-KASYSYAF KARYA AZ-ZAMAKHSYARI)

Susilo Sudarman, NIM.: 21205032042 (2023) ETIKA PEMUDA DALAM KISAH ASHABUL KAHFI (STUDI ANALISA PADA QS. AL-KAHFI DALAM KITAB AL-KASYSYAF KARYA AZ-ZAMAKHSYARI). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ETIKA PEMUDA DALAM KISAH ASHABUL KAHFI (STUDI ANALISA PADA QS. AL-KAHFI DALAM KITAB AL-KASYSYĀF KARYA AZ-ZAMAKHSYARI))
21205032042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ETIKA PEMUDA DALAM KISAH ASHABUL KAHFI (STUDI ANALISA PADA QS. AL-KAHFI DALAM KITAB AL-KASYSYĀF KARYA AZ-ZAMAKHSYARI))
21205032042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Etika pemuda Ashabul kahfi yang ditampilkan oleh 7 pemuda adalah salah satu kisah menarik yang dinarasikan al-Qur’an dalam QS. Al-Kahfi. mereka adalah pemuda yang gigih berjuang menyelamatkan akidah tauhid dari penguasa zalim, keteguhan sikap dan idealisme yang tinggi itu dinarasikan al-Qur’an: “kami ceritakan kisah mereka kepadamu Muhammad dengan sebenarnya. Sesungguhnya mereka itu adalah pemuda-pemuda yang beriman kepada tuhan mereka dan kami tambahkan kepada mereka petunjuk.” (QS. Al-Kahfi {18}:13). Ayat tersebut mengisahkan pemuda Ashabul kahfi yang “bergerilya dan bersembunyi” didalam gua untuk menyelamatkan akidah tauhidnya, menghindari kekerasan dan kezaliman rezim penguasa saat itu. Para pemuda itu berkomitmen untuk tidak mebgikuti jalan kesesatan penguasa. Mereka adalah pemuda inpiratif yang gagah berani dan pantang menyerah dalam memegang teguh iman dan kebenaran. Penelitian ini menggunakan teori akhlak Imam Al-Ghazali. Teori akhlak Imam al-Ghazali adalah sesuatu yang menetap dalam jiwa dan muncul dalam perbuatan dengan mudah tanpa memerlukan pemikiran terlebih dahulu. Akhlak bukanlah perbuatan, kekuatan dan ma’rifah. Akhlak adalah “hall” atau kondisi jiwa dan bentuknya bathiniah. Maka jika akhlak baik, akan berpengaruh baik terhadap dirinya dan orang lain yang berada di sekitarnya, begitupun sebaliknya. Penelitian ini merupakan salah satu kajian kualitatif (literatur) terhadap karya Imam Az-Zamakhsyari dalam kitab Tafsir Al-Kasysyaf Gagasannya mengenai kisah etika pemuda Ashabul kahfi sangatlah penting di dalam kehidupan bagi setiap umat manusia, yang berpengaruh terhadap kehidupannya. Besar harapan penulis, bahwa kajian ini dapat memberikan kontribusi ilmiah dan mampu memberikan solusi terhadap masalah yang sedang dihadapi saat ini Hasil penelitian ini meliputi dua hal. Pertama, kolaborasi penafsiran yang ada di kitab tafsir al-Kasysyaf karya Imam Az-Zamakhsyari sangat berkaitan dengan teori akhlak yang ada di kitab Ihya’ Ulumuddin karya Imam al-Ghazali. Kedua, Dalam tafsir al-Kasysyaf terdapat penafsiran yang konkrit untuk diselaraskan dengan dua teori yang ada di kitab Ihya’ Ulumudin, yaitu: Akhlak Mahmudah adalah akhlak yang terpuji yang ditampilkan oleh para pemuda Ashabul kahfi, dan akhlak Mazmumah adalah akhlak yang sangat buruk, yang ditampilkan oleh kaum kafir terutama rajanyaDikyanus.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Fahrudim Faiz,. S.Ag, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Etika Pemuda, Kisah Ashabul Kahfi, Tafsir Al-Kasysyaf Karya Az-Zamakhsyari
Subjects: Akhlak - Etika
Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur'an dan Tafsir (S2)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 22 Feb 2024 08:06
Last Modified: 22 Feb 2024 08:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63961

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum