PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWTOON BERBASIS KONTEKSTUAL MATERI TERMOKIMIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MAN

Nur Azizah, NIM.: 20104060004 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWTOON BERBASIS KONTEKSTUAL MATERI TERMOKIMIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWTOON BERBASIS KONTEKSTUAL MATERI TERMOKIMIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MAN)
20104060004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWTOON BERBASIS KONTEKSTUAL MATERI TERMOKIMIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MAN)
20104060004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Materi termokimia merupakan materi kimia yang bersifat abstrak dan konseptual. Oleh karena itu, dibutuhkan media pembelajaran agar materi termokimia menjadi lebih konkret sehingga dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar kimia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangakan media pembelajaran Powtoon berbasis kontekstual pada materi termokimia dan menentukan kualitas video yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) yang mengadaptasi model 4-D (Definisi, Desain, Pengembangan, dan Diseminasi). Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian kualitas produk dan lembar respon siswa. Berdasarkan hasil penilaian oleh ahli materi, ahli media, dan reviewer/guru kimia mendapatkan persentase 93%, 95%, dan 90% dengan masing-masing kategori Sangat Baik. Video direspon positif oleh siswa dan memperoleh persentase keidealan sebesar 90% dengan kategori Sangat Baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan layak digunakan sebagai media alternatif dalam proses pembelajaran di MAN pada materi termokimia untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Laili Nailul Muna, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: powtoon; termokimia; media pembelajaran; motivasi; peserta didik
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 22 Feb 2024 11:37
Last Modified: 22 Feb 2024 11:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63968

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum