SINTESIS BIOETANOL DARI BUAH TIN (Ficus Carica) MENGGUNAKAN HOMEMADE APPARATUS DAN ANALISIS POTENSINYA PADA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI SENYAWA KARBON

Herbayu Alfiandi Suryo Laksono, NIM.: 20104060023 (2023) SINTESIS BIOETANOL DARI BUAH TIN (Ficus Carica) MENGGUNAKAN HOMEMADE APPARATUS DAN ANALISIS POTENSINYA PADA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI SENYAWA KARBON. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SINTESIS BIOETANOL DARI BUAH TIN (Ficus Carica) MENGGUNAKAN HOMEMADE APPARATUS DAN ANALISIS POTENSINYA PADA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI SENYAWA KARBON)
20104060023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (SINTESIS BIOETANOL DARI BUAH TIN (Ficus Carica) MENGGUNAKAN HOMEMADE APPARATUS DAN ANALISIS POTENSINYA PADA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI SENYAWA KARBON)
20104060023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dalam kegiatan pembelajaran, penting untuk memiliki sumber belajar yang memenuhi standar pendidikan nasional, termasuk bahan ajar dan informasi pendukung. Bahan ajar ini memudahkan guru dalam mentransfer ilmu, terutama dalam ilmu kimia yang membutuhkan penggambaran yang jelas. Sebuah penelitian dilakukan untuk memanfaatkan buah tin (Ficus carica) dalam pembuatan bioetanol dan menganalisis potensinya dalam pembelajaran kimia pada materi senyawa karbon kelas XII. Penggunaan penelitian sintesis bioetanol dengan buah tin ini dapat menjadikan pembelajaran menjadi nyata. Penelitian ini menggunakan metode campuran kualitatif dan kuantitatif (Mix Methode). Melalui analisis kebutuhan bahan ajar dan pembuatan bahan ajar, penelitian ini mendapatkan hasil yang menunjukkan kadar etanol yang dihasilkan pada variasi lama fermentasi 2, 4, 6, 8 hari dengan hasil kadar alkohol 10%, 12,5%, 14,5%, dan 10,5% dengan bantuan alat refraktometer alkohol. Hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan ajar kimia yang sesuai dengan analisis kurikulum berdasarkan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran, serta sesuai dengan analisis bahan ajar berdasarkan 3 komponen analisis bahan ajar, yaitu ketersediaan, kesesuaian, dan kemudahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Muhammad Zamhari, S.Pd.Si., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: bahan ajar; buah tin; bioetanol; fermentasi
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 23 Feb 2024 09:59
Last Modified: 23 Feb 2024 09:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63976

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum