PENGARUH INQUIRY BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI

Ulfa Nur Latifah, NIM.: 20104060034 (2023) PENGARUH INQUIRY BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH INQUIRY BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI)
20104060034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH INQUIRY BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI)
20104060034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Mempelajari kimia lebih dari sekedar memperoleh pengetahuan, ini juga tentang mengeksplorasi ide-ide baru dan menemukan cara-cara baru untuk memahami apa yang sudah kita ketahui. Namun sebagian besar siswa kurang aktif dalam pembelajaran kimia. Mereka cenderung menghafal konsep dan kurang berpikir kritis untuk memahami dan memperoleh solusi suatu permasalahan. Laju reaksi merupakan materi yang erat kaitannya dengan praktikum, yang menuntut siswa untuk berpikir lebih kritis dan berpartisipasi aktif dalam memperoleh informasi. Pemilihan strategi model pembelajaran menjadi faktor yang paling penting untuk mengasah keterampilan berpikir kritis dan keaktifan siswa dalam pembelajaran agar mencapai hasil belajar yang diharapkan. Salah satu cara untuk membantu peserta didik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritisnya serta membuat peserta didik menjadi aktif pada saat belajar adalah dengan menerapkan inquiry based learning. Model ini memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses mencari ilmu dengan mengajukan pertanyaan dan mengeksplorasi ide-ide baru. Inquiry based learning adalah serangkaian kegiatan yang melibatkan kegiatan pembelajaran secara analitis, logis, kritis, dan tersusun rapi, sehingga siswa dapat menganalisis temuannya dengan percaya diri Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis dan keaktifan siswa pada materi laju reaksi. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest, Non-Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster random sampling. Peneliti menggunakan instrumen tes dan observasi sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian uji Mann-Whitney U menunjukkan nilai signifikansi atau Sig (2-tailed) sebesar (0,001). Jika dibandingkan maka nilainya akan lebih kecil dari alpha 0,05 (0,001 < 0,05); Hal ini menunjukkan hipotesis diterima, dan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan berpikir kritis antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil uji statistik deskriptif pada lembar observasi menunjukkan rata-rata aktivitas siswa kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol pada setiap indikatornya. Dengan demikian, model pembelajaran berbasis inkuiri berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan keaktifan siswa pada materi laju reaksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Jamil Suprihatiningrum, S.Pd.Si., M.Pd.Si., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Inquiry; Berpikir Kritis; Keaktifan Siswa; Laju Reaksi
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 23 Feb 2024 10:16
Last Modified: 23 Feb 2024 10:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63978

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum