PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW BERBANTU GAME (TIC TAC TOE) TERHADAP KONSENTRASI DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI KOLOID

Stevani Nurjanah, NIM: 20104060035 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW BERBANTU GAME (TIC TAC TOE) TERHADAP KONSENTRASI DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI KOLOID. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW BERBANTU GAME (TIC TAC TOE) TERHADAP KONSENTRASI DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI KOLOID)
20104060035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW BERBANTU GAME (TIC TAC TOE) TERHADAP KONSENTRASI DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI KOLOID)
20104060035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Berkonsentrasi membantu siswa memahami konsep-konsep kimia lebih efektif. Siswa yang berkonsentrasi dalam pembelajaran mampu menyerap materi dan memecahkan masalah dengan lebih baik dan kreatif. Kenyataanya siswa sulit memusatkan pikiran yang berdampak pada rendahnya pemahaman konseptual kimia siswa. Guru dapat menerapkan model dan media pembelajaran melibatkan siswa aktif belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi dan pemahaman konsep siswa pada materi koloid menggunakan model pembelajaran Jigsaw yang berbantu permainan Tic-tac-toe. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode quasi eksperimen dengan desain eksperimen nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa IPA SMA Negeri 1 Prambanan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 34 siswa XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas 34 siswa XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol diambil dengan teknik cluster random sampling. Selama menerapkan permainan Tic-tac-toe yang diintegrasikan dengan permainan Jigsaw, konsentrasi belajar diukur dengan kuesioner dan pemahaman konsep siswa dengan tes pilihan ganda. Seluruh data yang terkumpul dianalisis dengan uji Mann-Whitney untuk data kuesioner dan data tes. Hasil penelitian menunjukkan nilai sig. kuesioner 0,043 < 0,05 dan nilai sig. soal tes 0,003 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Jigsaw berbantuan permainan Tic-tac-toe berpengaruh positif terhadap konsentrasi dan pemahaman konsep kimia siswa pada materi koloid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Jamil Suprihatiningrum, S.Pd.Si., M.Pd.Si., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Jigsaw Learning Model; Game tic-tac-toe; model pembelajaran; konsentrasi belajar
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 23 Feb 2024 10:18
Last Modified: 23 Feb 2024 10:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63979

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum