PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BILANGAN CACAH TERINTEGRASI BUDAYA KEARIFAN LOKAL KLATEN KELAS IV SD/MI

Aliya Hidayatika, NIM.: 20104080032 (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BILANGAN CACAH TERINTEGRASI BUDAYA KEARIFAN LOKAL KLATEN KELAS IV SD/MI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BILANGAN CACAH TERINTEGRASI BUDAYA KEARIFAN LOKAL KLATEN KELAS IV SD/MI)
20104080032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BILANGAN CACAH TERINTEGRASI BUDAYA KEARIFAN LOKAL KLATEN KELAS IV SD/MI)
20104080032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Dalam pembelajaran matematika materi bilangan cacah perlu latihan soal agar lebih terampil berdasarkan permasalahan di lapangan. LKPD adalah salah satu media yang mana salah satu peran LKPD merupakan sangat besar dalam proses pembelajaran karena LKPD dapat meningkatkan aktivitas peserta didik dalam belajar dan penggunaan LKPD dalam pembelajaran juga dapat membantu guru untuk mengarahkan peserta didiknya dalam menemukan konsep-konsep melalui aktivitas peserta didik dan juga dapat mengembangkan ketrampilan peserta didik dalam proses belajar serta dapat meningkatkan aktivitas peserta didik dan dapat mengoptimalkan dari hasil belajar. Tidak hanya itu, pendidikan tidak dapat dipisahkan dari tradisi nilai-nilai budaya, karena pendidikan pada hakikatnya adalah proses pengembangan dari kebudayaan dalam masyarakat. Masyarakat di wilayah mempunyai kewajiban untuk kembali pada jati dirinya dengan menggali dan memaknai nilai-nilai luhur budaya yang ada sebagai sumber kearifan lokal. Salah satu budaya kearifan lokal yang perlu diketahui adalah Klaten , yang mana terletak diantara Yogyakarta dan Solo dan juga melahirkan seniman yang luar biasa sehingga perlu dikenalkan kepada peserta didik sebagai tambahan wawasan. Penelitian ini bertujuan untuk melatih kemampuan berhitung peserta didik materi bilangan cacah dan diintegrasikan dengan budaya kearifan lokal Klaten. Peneliti menggunakan pengembangan 4D dari Thiagarajan yang mana menurut ahli Thiagarajan model 4D ini melalui empat tahapan, meliputi: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Instrumen pengumpulan data ini adalah wawancara, angket, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan 2 jenis angket dengan skala likert, yaitu angket penilaian validator ahli dan angket keterbacaan peserta didik dengan skala guttman. Adapun data yang diperoleh adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Sementara peserta didik kelas IV yang menjadi responden berjumlah 5 orang. Penilaian kelayakan produk LKPD oleh validator memperoleh skor dengan rata-rata 64,8 nilai A kategori sangat baik. Berdasarkan skor yang diperoleh tersebut, maka dapat dinyatakan bahwa LKPD yang dikembangkan oleh peneliti ini dikatakan layak. Hasil dari uji keterbacaan peserta didik terhadap LKPD yang dikembangkan oleh peneliti memperoleh tanggapan positif dengan jawaban “ya” presentase 100%. Adapun tanggapan dari peserta didik menarik dan menjadi pengalaman baru dalam mengenal budaya kearifan lokal Klaten.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Luluk Mauluah, M. Si.
Uncontrolled Keywords: matematika; integrasi; Budaya Klaten.
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 23 Feb 2024 14:10
Last Modified: 23 Feb 2024 14:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63983

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum