EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PETA KONSEP TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP

NOVIATUN SALAMAH, NIM.: 07600024 (2011) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PETA KONSEP TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PETA KONSEP TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA ···.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PETA KONSEP TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan peta konsep terhadap pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah yang dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori. Variabel yang diukur dari penelitian ini adalah pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik, khususnya dalam pembelajaran matematika dengan pokok bahasan perbandingan trigonometri. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, dengan desain kelompok kontrol non-ekuivalen pretes postes di mana subjek penelitiannya adalah siswa MAN 2 Banjarnegara kelas X tahun ajaran 2010/2011. Dari populasi di sekolah yang diteliti diambil sampel 2 kelas homogen, yaitu satu kelas sebagai eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Dalam menentukan kelasnya diambil secara cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji t posttest aspek pemahaman konsep matematika adalah 1,89 yang berarti lebih besar dari nilai taraf signifikansi 0,05 (H0 diterima) yang menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis masalah disertai peta konsep tidak lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori terhadap pemahaman konsep peserta didik. Sedangkan uji t posttest aspek kemampuan pemecahan masalah matematika adalah 0,001 yang berarti lebih kecil dari nilai taraf signifikansi 0,05 (H0 ditolak) yang menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis masalah yang disertai peta konsep lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Edi Prajitno, M.Pd. 2. Mulin Nu'man M.Pd.
Uncontrolled Keywords: PBM, peta konsep, pemahaman konsep, kemampuan pemecahan masalah matematika, dan pembelajaran ekspositori.
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 26 Jul 2023 14:39
Last Modified: 26 Jul 2023 14:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6399

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum