PENERAPAN METODE SARISWARA DALAM PENGEMBANGAN DIRI SISWA PADA EKSTRAKURIKULER SENI TARI KELAS V DI SD TAMAN MUDA IBU PAWIYATAN TAMANSISWA

Yusuf Damartaji, NIM.: 18104080079 (2023) PENERAPAN METODE SARISWARA DALAM PENGEMBANGAN DIRI SISWA PADA EKSTRAKURIKULER SENI TARI KELAS V DI SD TAMAN MUDA IBU PAWIYATAN TAMANSISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE SARISWARA DALAM PENGEMBANGAN DIRI SISWA PADA EKSTRAKURIKULER SENI TARI KELAS V DI SD TAMAN MUDA IBU PAWIYATAN TAMANSISWA)
18104080079_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE SARISWARA DALAM PENGEMBANGAN DIRI SISWA PADA EKSTRAKURIKULER SENI TARI KELAS V DI SD TAMAN MUDA IBU PAWIYATAN TAMANSISWA)
18104080079_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Siswa SD cenderung belum bisa mengendalikan diri sendiri contohnya anak yang tiba-tiba marah tanpa sebab yang jelas, anak juga masih sering melakukan tindakan usil menggaggu teman sebayanya, kondisi seperti ini membuat ruang kelas tidak bisa kondusif, oleh karena itu dibutuhkan sesuatu metode yang dapat membangun kepribadia yang terdidik sejak dini, oleh karena itu sistem pendidikan yang dianut yayasan Tamansiswa mengutamakan seni budaya dan nilai nilai karakter luhur. Tujuan dari penelitian yang peneliti lakukan, yang pertama untuk memahami implementasi pembelajaran melalui metode sariswara dalam pengembangan diri siswa pada ekstrakurikuler seni tari kelas V di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa. Selanjutnya untuk yang kedua yaitu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode sariswara dalam meningkatkan perkembangan diri siswa kelas V di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta. Penelitian ini mengadopsi metode field research dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data, kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi teknik, triangulasi teori dan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil dari penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, menunjukkan bahwa, (1) Penerapan Metode Sariswara dalam pengembangan diri siswa pada ekstrakurikuler seni tari Kelas V di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa yaitu, sukses menciptakan lingkungan pembelajaran yang efektif dan dapat memberikan kontribusi positif dalam pengembangan diri siswa pada ekstakurikuler seni tari kelas V. Hingga dapat melibatkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa hanya dengan menggunakan konsep 3N (nonton, niteni, dan nirokke) (2) Faktor pendukung dan penghambat penerapan Metode Sariswara dalam pengembangan diri siswa Kelas V di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa yaitu, faktor pendukung: a. Visi dan Misi Sekolah, b. Guru yang berkompeten, c. Media dan model pembelajaran, d. Semangat belajar siswa. Adapun faktor penghambatnya adalah: a. Kurang aktifnya peran orang tua, b. Peserta didik yang mudah emosi, dan c. Kurangnya Guru Pendamping Khusus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sigit Prasetyo, S.Pd.I., M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: inklusif; anak ABK; ADHD
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 23 Feb 2024 14:20
Last Modified: 23 Feb 2024 14:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63995

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum