IMPLEMENTASI KURIKULUM KEAGAMAAN TERPADU MADRASAH IBTIDAIYAH BERASRAMA PENYELENGGARA PROGRAM FULL DAY SCHOOL (Studi Komparasi Kurikulum Madrasah Ibtidaiyah Tahfidz El Muna Q dan Madrasah Ibtidaiyah Sananul Ula Daraman)

Anis Sulkhan Fadlil, NIM.: 21204011064 (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM KEAGAMAAN TERPADU MADRASAH IBTIDAIYAH BERASRAMA PENYELENGGARA PROGRAM FULL DAY SCHOOL (Studi Komparasi Kurikulum Madrasah Ibtidaiyah Tahfidz El Muna Q dan Madrasah Ibtidaiyah Sananul Ula Daraman). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KURIKULUM KEAGAMAAN TERPADU MADRASAH IBTIDAIYAH BERASRAMA PENYELENGGARA PROGRAM FULL DAY SCHOOL (Studi Komparasi Kurikulum Madrasah Ibtidaiyah Tahfidz El Muna Q dan Madrasah Ibtidaiyah Sananul Ula Daraman))
21204011064_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KURIKULUM KEAGAMAAN TERPADU MADRASAH IBTIDAIYAH BERASRAMA PENYELENGGARA PROGRAM FULL DAY SCHOOL (Studi Komparasi Kurikulum Madrasah Ibtidaiyah Tahfidz El Muna Q dan Madrasah Ibtidaiyah Sananul Ula Daraman))
21204011064_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Madrasah Ibtidaiyah berasrama yang juga menyelenggarakan full day school dengan kurikulum keagamaan terpadu mulai bermunculan. Kurikulum keagamaan terpadu adalah perpaduan beberapa kurikulum keagamaan seperti PAI, madrasah diniyah yang masing-masing saling berinterelasi. Madrasah yang sudah menerapkan kurikulum keagamaan terpadu adalah MI Tahfidz El Muna Q dan MI Sananul Ula Daraman. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui konsep kurikulum keagamaan terpadu di MI MI Tahfidz El Muna Q dan MI Sananul Ula Daraman. (2) Untuk mengetahui implementasi kurikulum keagamaan terpadu di MI Tahfidz El Muna Q dan MI Sananul Ula Daraman. (3) Untuk mengetahui problematika implementasi kurikulum keagamaan terpadu di MI Tahfidz El Muna Q dan MI Sananul Ula Daraman. (4) Untuk mengetahui dampak positif pasca implementasi kurikulum keagamaan terpadu di MI Tahfidz El Muna Q dan MI Sananul Ula Daraman. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif komparatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di MI Tahfidz El Muna Q dan MI Sananul Ula Daraman. Subjek penelitian dipilih dari pengelola yaitu kepala madrasah, wakil kepala bidang kurikulum dan sampel guru dan peserta didik terpilih. Subjek tersebut dipilih dengan beberapa pertimbangan yaitu telah cukup lama menyatu dengan medan aktivitas penelitian, keterlibatan aktif dan penuh dalam topik penelitian dan keberadaan waktu dari subjek untuk diwawancarai. Penelitian ini mengumpulkan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metodologi analisis data Miles, Huberman dan Saldana (MHS) yaitu dengan pengumpulan, kondensasi, penyajian data sampai pada tahap verifikasi data/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum keagamaan terpadu baik di MI Tahfidz El Muna Q dan MI Sananul Ula Daraman memiliki plus minus masing-masing. Pengelolaan administrasi dan harmonisasi kurikulum berjalan lebih baik di El Muna Q karena sudah 6 tahun berlangsung, sedangkan di MI Sananul Ula Daraman baru 2 tahun. Dukungan kelembagaan lebih optimal di MI Sananul Ula karena dibantu oleh LPQ, MDT dan Pesantren serta MWC NU. Tahapan implementasi kurikulum keagamaan terpadu meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang diintegrasikan dengan penilaian reguler madrasah. Adapun implementasi kurikulum keagamaan terpadu terlihat memberikan dampak positif pada meningkatnya faham dan praktek keagamaan peserta didik, prestasi akademik dan non akademik serta memberikan pengaruh pada sikap yang lebih santun dan menunjukkan akhlak mulia. Implikasi konseptual dari penelitian ini menunjukkan bahwa model kurikulum keagamaan terpadu yang dikembangkan di kedua madrasah tersebut adalah model sarang (nested). Agar lebih optimal perlu koordinasi antar guru PAI, madin, tahfizh.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Sukiman
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Keagamaan Terpadu; Madrasah Berasrama, Full Day School
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 23 Feb 2024 14:23
Last Modified: 23 Feb 2024 14:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63996

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum