PELAKSANAAN OUTBOUND ISLAMI DI SYUHADA ADVENTURE TEAM ( SAT ) KOTA YOGYAKARTA (STUDI PELAKSANAAN OUTBOUND DI SMA N 9)

Bambang Mintorogo, NIM.: 02241139 (2010) PELAKSANAAN OUTBOUND ISLAMI DI SYUHADA ADVENTURE TEAM ( SAT ) KOTA YOGYAKARTA (STUDI PELAKSANAAN OUTBOUND DI SMA N 9). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN OUTBOUND ISLAMI DI SYUHADA ADVENTURE TEAM ( SAT ) KOTA YOGYAKARTA (STUDI PELAKSANAAN OUTBOUND DI SMA N 9))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN OUTBOUND ISLAMI DI SYUHADA ADVENTURE TEAM ( SAT ) KOTA YOGYAKARTA (STUDI PELAKSANAAN OUTBOUND DI SMA N 9))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (498kB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini mengambil tema tentang pelaksanaan Outbound Islami. Penelitian ini mengambil pelaksanaan Outbound Islami di SMA N 9 yang dilakukan oleh Syuhada Adventure Team (SAT). Pelatihan di alam terbuka ini bertujuan untuk meningkatkan kwualitas sumberdaya manusia. Pelatihan ini biasa dikenal dengan Outbound Management Training. Ada beberapa alasan mengapa metode ini dipakai. Metode ini adalah simulasi kehidupan yang komplek menjadi sederhana. Pada dasarnya segala bentuk aktifitas didalamnya adalah bentuk sederhana dari kehidupan yang sangat komplek. Metode ini menggunakan pendekatan metode belajar melalui pengalaman. Oleh karena adanya pengalaman langsung terhadap sebuah fenomena, orang dengan mudah akan memahami esensi pengalaman itu. Metode ini penuh kegembiraan karena dilakukan dengan permainan. Cara ini membuat orang merasa senang didalam melaksanakan kegiatan pelatihan. Pelaksanaan Outbound yang menggunakan metode pelatihan umum dengan mengkombinasikan nilai-nilai yang bersumber dari Islam, dapat menghasilkan metode pelatihan yang menarik. Khususnya para peserta yang beragama Islam, hal ini tentu saja dapat dijadikan metode pengembangan dakwah yang berbasis pelatihan. Ini lah yang mendasari menariknya objek penelitian dalam skripsi ini, tujuannya untuk mengetahui gambaran pelaksanaan Outbound Islami yang dilakukan Syuhada Adventure Team. Metode pelatihan ini menggunakan penggumpulan data kualitatif dengan cara melakukan wawancara dengan fihak trainer Syuhada Adventure Team. Selain wawancara, data diperoleh dengan meminta beberapa dokumentasi kegiatan yang dimiliki oleh Syuhada Adventure Team, sedangkan penggelolahan data itu di susun dan digambarkan melalui proses deskriptif serta darinya diuraikan (di analisa). Dalam penelitian ini disusun gambaran umum bagaimana pelaksanan Outbound Islami yang dilakukan Syuhada Adventure Team. Hasil yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana pelaksanaan Outbound Islami. Hasil dari penelitian ini dapat digunakan sebagai rujukkan dan dasar-dasar pengembangan dari metode pelatihan Islami di alam terbuka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra Siti Fatimah M.Pd
Uncontrolled Keywords: Actuanting, Pelatihan, Outbound Islami
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 23 Feb 2024 14:46
Last Modified: 23 Feb 2024 14:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64019

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum