IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KEPESANTRENAN DI SMA DAARUT TAUHIID BOARDING SCHOOL PUTRI KOTA BANDUNG

Tia Nurhaeni, NIM.: 21204012018 (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KEPESANTRENAN DI SMA DAARUT TAUHIID BOARDING SCHOOL PUTRI KOTA BANDUNG. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KEPESANTRENAN DI SMA DAARUT TAUHIID BOARDING SCHOOL PUTRI KOTA BANDUNG)
21204012018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KEPESANTRENAN DI SMA DAARUT TAUHIID BOARDING SCHOOL PUTRI KOTA BANDUNG)
21204012018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk pendidikan berbasis agama dan karakter adalah melalui Sekolah Berbasis Pesantren (SBP). Model pendidikan ini menggabungkan prinsip-prinsip sistem sekolah yang menitikberatkan pada pengembangan ilmu pengetahuan dan keterampilan dengan nilai-nilai yang diajarkan dalam sistem pesantren, termasuk pengembangan sikap dan praktik keagamaan, peningkatan moralitas, dan penguatan kemandirian dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan di Sekolah Berbasis Pesantren bertujuan untuk menyatukan prinsip-prinsip pendidikan yang diterapkan di lingkungan sekolah dengan sistem pendidikan yang dijalankan di pesantren.Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui desain kurikulum Pendidikan Agama Islam berbasis kepesantrenan di SMA Daarut Tauhiid Boarding School Putri kota Bandung, (2) untuk mengetahui penerapan kurikulum Pendidikan Agama Islam berbasis kepesantrenan di SMA Daarut Tauhiid Boarding School Putri kota Bandung, (3) untuk mengetahui hasil dari penerapan kurikulum Pendidikan Agama Islam berbasis kepesantrenan di SMA Daarut Tauhiid Boarding School Putri kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskrikptif dengan pendekatan fenomenologi, metode pengambilan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) Desain Kurikulum Pendidikan Agama Islam berbasis kepesantrenan meliputi lima mata pelajaran yaitu Tarikh, Fiqh, Aqidah, Akhlak, dan ke DT an, semua mata pelajaran tersebut menggunakan kitab klasik pesantren, (2) Penerapan kurikulum Pendidikan Agama Islam berbasis kepesantrenan memakai beberapa metode, selain itu terdapat juga program penyesuaian atau pembiasaan yang biasa disebut Mutaba’ah Yaumiyah, (3) Hasil penerapan kurikulum Pendidikan Agama Islam berbasis kepesantrenan di SMA Daarut Tauhiid Putri kota Bandung memiliki pengaruh yang signifikan terhadap berbagai aspek diantaranya, ibadah, akhlak dan akademik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. H. Sangkot Sirait, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: curricullum; Islamic education; boarding school curriculum
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 26 Feb 2024 08:01
Last Modified: 26 Feb 2024 08:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64021

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum