PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMAN 2 PRAYA LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Muh. Maskur, NIM.: 21204012037 (2023) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMAN 2 PRAYA LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMAN 2 PRAYA LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2022/2023)
21204012037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMAN 2 PRAYA LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2022/2023)
21204012037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena masyarakat Indonesia yang saat ini sedang mengalami krisis karakter atau moral. Krisis ini ditandai dengan maraknya tindakan kriminalitas, contohnya tawuran antar pelajar, pergaulan bebas, bertambahnya angka kekerasan anak-anak dan remaja, pelecehan seksual, banyaknya geng motor dan pencuri. Secara keseluruhn sangat merugikan dirinya dan orang lain. Fenomena krisis moral jelas bertentangan dengan visi dan misi pendidikan dalam membentuk manusia Indonesia yang berkepribadian dan berakhlak mulia sebagaimana dicita-citakan dalam tujuan pendidikan nasional. Setiap lembaga pendidikan memerlukan strategi yang tepat untuk menguatkan nilai karakter. Sehingga yang menjadi fokus pada penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bentuk-bentuk peran guru PAI dalam pendidikan karakter religius siswa. Bagaimana program-program guru PAI dalam pendidikan karakter religius siswa. Bagaimana pelaksanaan dan hasil peran guru PAI dalam pendidikan karakter religius siswa. Apa saja faktor pendukung dan penghambat serta solusi guru PAI dalalm pendidikan karakter religius siswa di SMAN 2 Praya Lombok Tengah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan field research. Subyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru PAI dan Peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui prosedur observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data yang telah dikumpulkan dianalisis melewati beberapa tahapan yaitu mengoleksi data, mereduksi data, menyajikan data dan menarik sebuah kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Bentuk-bentuk peran guru PAI dalam pendidikan karakter religius siswa yakni: Peran sebagai Edukator, Manajer, Administrator, Supervisor, Leader, Innovator, Motivator, Dinamisator, Evaluator dan Fasilitator. (2) Program-program guru PAI dalam pendidikan karakter religius siswa yakni: Imtaq, Membaca Al-Qur’an (Tadarusan), Shalat Dhuha, Shalat Zuhur Berjamaah dan Berdo’a sebelum dan sesudah pembelajaran. (3) Pelaksanaan dan hasil peran guru PAI dalam pendidikan religius yakni: mengajar, mendidik, melatih keterampilan, memberikan bimbingan dan pengarahan. (4) Faktor pendukung dan penghambat serta solusi guru PAI dalalm pendidikan karakter religius siswa yakni: faktor pendukung antara lain komitmen semua lembaga sekolah, teman sebaya, dan sarana prasarana sedangkan faktor pengahambatnya adalah sebagian siswa kurang disiplin, kesibukan orang tua, lingkungan dan media Al-Qur’an yang belum terpenuhi serta solusi guru PAI yakni strategi discovery learning (menyikapi pembelajaran), startegi inkuiri learning (penyelidikan pembelajaran), strategi problem based learning (berbasis masalah).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sedya Santosa, SS., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Guru PAI; character education; religious
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 26 Feb 2024 08:13
Last Modified: 26 Feb 2024 08:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64022

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum