IMPLEMENTASI BUDAYA AKADEMIK MAHASISWA PRODI PAI UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI DALAM MEMBENTUK KOMPETENSI CALON GURU

Hasan Basri, NIM.: 21204012040 (2023) IMPLEMENTASI BUDAYA AKADEMIK MAHASISWA PRODI PAI UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI DALAM MEMBENTUK KOMPETENSI CALON GURU. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI BUDAYA AKADEMIK MAHASISWA PRODI PAI UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI DALAM MEMBENTUK KOMPETENSI CALON GURU)
21204012040_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI BUDAYA AKADEMIK MAHASISWA PRODI PAI UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI DALAM MEMBENTUK KOMPETENSI CALON GURU)
21204012040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Implementasi budaya akademik di kalangan mahasiswa menjadi tantangan yang kompleks di Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. Kesiapan mahasiswa PAI membentuk kompetensi calon guru memiliki tingkatan problematika yang bervariasi dalam menghadapi tuntutan akademik. Mahasiswa belum mampu membuka dan menutup pembelajaran, tidak mampu memilih dan memilah materi yang akan di ajarkan dan tidak menguasai materi perkuliahan. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan implementasi budaya akademik mahasiswa Prodi PAI. (2) menganalisis kendala dan solusi implementasi budaya akademik mahasiswa Prodi PAI. (3) Menganalisis implikasi budaya akademik mahasiswa Prodi PAI terhadap pembentukan kompetensi calon guru di Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan sosiologi pendidikan, analisis sasarannya adalah semua yang terlibat dalam implementasi budaya akademik mahasiswa PAI.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Sedangkan teknik analisis data melalui tahapan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Implementasi budaya akademik di Prodi PAI Universitas Pembangunan Panca Budi Medan dalam upaya membentuk kompetensi calon guru, telah diwujudkan melalui implementasi budaya kedisiplinan dalam studi, kerja sama, budaya membaca, budaya meneliti, penulisan makalah dan artikel, diskusi ilmiah dan etika akademik. (2) Kendala dan solusi implementasi budaya akademik di Prodi PAI di Universitas Pembangunan Panca Budi Medan, berupa: adanya keterbatasan sumber daya, penghindaran etika akademik, resistensi terhadap perubahan, dan kurangnya kualifikasi profesional dosen. Sedangkan solusi dalam mengatasi kendala implementasi budaya akademik mahasiswa PAI adalah, pihak Prodi memberikan pelatihan dosen profesional, memberikan bimbingan akademik kepada mahasiswa setiap awal semester, dan memberikan sanksi kepada mahasiswa yang melanggar norma akademik. (3) Implikasi budaya akademik mahasiswa PAI terhadap pembentukan kompetensi calon guru di Universitas Pembangunan Panca Budi Medan yaitu memiliki dampak signifikan dalam membentuk kompetensi calon guru. Budaya akademik mengajarkan mahasiswa untuk memiliki tanggung jawab dan dedikasi yang tinggi terhadap proses pembelajaran, sehingga guru yang dihasilkan cenderung memiliki komitmen yang kuat terhadap tugas mereka dalam mengajar, sehingga berkontribusi dalam pembentukan kompetensi calon guru yang kompeten

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Dwi Ratnasari, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: academic culture; teacher competency
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 26 Feb 2024 08:22
Last Modified: 26 Feb 2024 08:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64023

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum