KONSEP PENDIDIKAN ANAK DALAM AL-QUR’AN SURAH LUQMAN (Telaah Pemikiran Syekh Muhammad Mutawalli Asy- Sya’rawi dalam Tafsir Asy-Sya’rawi)

Khairuddin Bangun, NIM/: 21204012055 (2023) KONSEP PENDIDIKAN ANAK DALAM AL-QUR’AN SURAH LUQMAN (Telaah Pemikiran Syekh Muhammad Mutawalli Asy- Sya’rawi dalam Tafsir Asy-Sya’rawi). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP PENDIDIKAN ANAK DALAM AL-QUR’AN SURAH LUQMAN (Telaah Pemikiran Syekh Muhammad Mutawalli Asy- Sya’rawi dalam Tafsir Asy-Sya’rawi))
21204012055_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KONSEP PENDIDIKAN ANAK DALAM AL-QUR’AN SURAH LUQMAN (Telaah Pemikiran Syekh Muhammad Mutawalli Asy- Sya’rawi dalam Tafsir Asy-Sya’rawi))
21204012055_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pentingnya perhatian mendalam terhadap kemerosotan karakter saat ini, terutama dalam pendidikan anak di Indonesia, karena praktik pendidikan dinilai belum seimbang. Al-Qur'an sebagai sumber utama pendidikan Islam perlu dikaji, khususnya konsep pendidikan anak seperti yang tergambar dalam kisah Luqman, yang diabadikan dalam Al-Qur'an. Syekh Muhammad Mutawalli Asy-Sya’rawi, ulama terkemuka abad ke-19, memberikan wawasan signifikan yang memengaruhi ilmu pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi konsep pendidikan anak dalam Surah Luqman perspektif Tafsir Asy-Sya’rawi; (2) mengidentifikasi relevansi konsep pendidikan anak dalam Surah Luqman perspektif Tafsir Asy-Sya’rawi dengan pendidikan sekarang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Adapun sifat penelitian ini yaitu library research. Teknik pengumpulan data kepustakaan, yaitu dengan mengumpulkan bahan-bahan pustaka yang sesuai dengan objek pembahasan yang sedang diteliti. Analisis data menggunakan deskriptif analitis. Hasil penelitian menyimpulkan empat komponen utama: (1) Tujuan pendidikan anak, mencakup pembentukan pribadi beriman dan Muslim; (2) Karakteristik pendidik, termasuk sikap bijaksana, lemah lembut, rendah hati, dan berbuat lebih baik, yakin; (3) Metode pendidikan anak, melibatkan nasehat, teladan, dan perumpamaan; (4) Materi pendidikan anak, mencakup menjauhi kesyirikan, berbakti kepada orang tua, menjalani salat, berperilaku baik, dan menghindari keburukan. Selanjutnya, penelitian menyatakan bahwa konsep pendidikan anak dalam Surah Luqman relevan dalam era globalisasi, mempromosikan nilai-nilai iman, Islam, dan moral sebagai fondasi utama dalam kehidupan sehari-hari. Konsep ini sesuai dengan tuntutan era modern dan pendidikan nasional, memberikan dasar kuat untuk membentuk individu beriman, berakhlak mulia, dan berperan positif dalam masyarakat global.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. H. Tasman M.A.
Uncontrolled Keywords: karakteristik pendidikan; pendidikan anak; ;Sya’rawi
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 26 Feb 2024 08:38
Last Modified: 26 Feb 2024 08:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64024

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum