PENGEMBANGAN MODUL PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DENGAN TOPIK MODERASI BERAGAMA DI SMA NEGERI 6 YOGYAKARTA

Edo Alvizar Dayusman, NIM.: 21204012058 (2023) PENGEMBANGAN MODUL PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DENGAN TOPIK MODERASI BERAGAMA DI SMA NEGERI 6 YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DENGAN TOPIK MODERASI BERAGAMA DI SMA NEGERI 6 YOGYAKARTA)
21204012058_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DENGAN TOPIK MODERASI BERAGAMA DI SMA NEGERI 6 YOGYAKARTA)
21204012058_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya terjadi kasus intoleran yang bermuara pada moderasi beragama di sekolah seperti perundungan, dan adanya peraturan yang tekesan mendikriminasi kolompok minoritas di sebuah lembaga pendidikan, penanaman nilai-nilai moderasi beragama di sekolah masih sangat minim dan hanya bersifat teoritis dan tidak disampaikan secara terstruktur. Di sisi lain, kurikulum merdeka yang baru dijalankan memiliki identitas pembelajaran baru yang disebut dengan pembelajaran projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5). Pembelajaran P5 ini pendekatan pembelajaran yang baru sehingga masih minimnya ketersediaan modul projek penguatan profil pelajar Pancasila terutama yang berkaitan dengan moderasi beragama. Oleh sebab itu adanya penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan modul P5 dengan topik moderasi beragama. 2) Mengetahui efektifitas penggunaaan modul P5 dengan materi moderasi beragama di SMA Negeri 6 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D), dengan mengacu pada model 4D Thiagarajan (Define, Design, Development, Dissamination). Untuk mengetahui efektifitas modul P5 materi moderasi Beragama, peneliti menggunakan teknik Non-equivalent Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI F-2 SMA Negeri 6 Yogyakarta. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan tes. Selanjutnya data yang diperoleh berupa angka dianalisis menggunakan uji Paired Sample T-Test dengan bantuan JASP. Hasil dari penelitian ini adalah; 1) produk berupa modul Projek Pengiatan Profil Pelajar Pancasila dengan judul Merajut Kebhinekaan Dalam Bingkai Moderasi Beragama. Memuat materi NKRI harga mati dengan kegiatan analisis film, anti kekerasan dengan kegiatan kampanye menolak bullying, pelihara agama lestarikan budaya dengan kegiatan observasi kolaboratif, semakin beriman semakin toleran dengan kegiatan guest teacher. 2) hasil analisis produk yang tlah dikembangkan dimulai dari hasil uji kelayakan para ahli, meliputi ahli materi dan ahli media. Hasil rata-rata persentase keseluruhan aspek yang dinilai ahli materi sebesar 84.52% dengan kategori “sangat layak”, sedangkan ahli media sebesar 71.66% dengan kategori “layak”. Hasil uji Paired Sample T-Test pada data pre-test dan post-test adalah p < 0.001, signifikan, dengan perbedaan nilai median pada kedua kelompok sebsar 35.00, sedangkan besaran efek adalah ra = -1.00 yang berarti menunjukkan efek yang kecil. sehingga dapat disimpulkan bahwa modulP5 moderasi beragama ini efektif untuk digunakan meskipun hanya memberikan efek yang kecil.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Sibawaihi, S.Ag., M.Si., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: moderasi beragama; Kurikulum Merdeka; P5
Subjects: Moderasi Beragama
Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 26 Feb 2024 09:04
Last Modified: 26 Feb 2024 09:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64025

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum