INTEGRASI KURIKULUM CAMBRIDGE DENGAN KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER KELAS X DI SMAN SUMATERA SELATAN

Widya Wulandari, S.Pd., NIM.: 21204012060 (2023) INTEGRASI KURIKULUM CAMBRIDGE DENGAN KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER KELAS X DI SMAN SUMATERA SELATAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTEGRASI KURIKULUM CAMBRIDGE DENGAN KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER KELAS X DI SMAN SUMATERA SELATAN)
21204012060_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (INTEGRASI KURIKULUM CAMBRIDGE DENGAN KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER KELAS X DI SMAN SUMATERA SELATAN)
21204012060_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Urgensi yang semakin mendesak di tengah kompleksitas isu-isu lingkungan, dan sosial dalam menghadapi keanekaragaman yang terancam. Maka, melalui integrasi kurikulum Cambridge dengan kurikulum Merdeka menjadi bagian penting SMAN Sumatera Selatan dalam menunjang mutu pendidikan dan pembentukan karakter peserta didik dalam menghadapi tantangan global, sehingga perubahan nyata dalam pembentukan karakter dari integrasi kurikulum Internasional dan nasional di pendidikan agama Islam dapat berdaya saing secara global. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola integrasi kurikulum Cambridge dengan kurikulum Merdeka, menganalisis pelaksanaan integrasi kurikulum Cambridge dengan kurikulum Merdeka dalam pembentukan karakter, dan menganalisis implikasi dari integrasi kurikulum Cambridge dengan kurikulum Merdeka dalam pembentukan karakter Kelas X di SMAN Sumatera Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data akan dikumpulkan melalui hasil wawancara, dokumentasi, dan observasi Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa; 1) Pola integrasi kurikulum Cambridge dengan kurikulum Merdeka yang telah dikemukakan bahwa adanya serasi antara integrasi kurikulum nasional dan Internasional yang mampu menghasilkan peserta didik berkompetisi secara nasional maupun Internasional. 2) Pelaksanaan pembentukan karakter peserta didik kelas X menemukan bahwa semua aktivitas diintegrasikan dalam program pembentukan karakter yang diperoleh dan memiliki pengaruh yang signifikan. 3) Implikasi integrasi kurikulum Cambridge dengan kurikulum Merdeka dalam pembentukan karakter kelas X di SMAN Sumatera Selatan, menemukan bahwa adanya implikasi dalam pembentukan karakter peserta didik (dikarenakan latar belakang yang berbeda) dan implikasi dalam pengintegrasian double kurikulum (materi dan evaluasi). Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pandangan tentang bagaimana integrasi kurikulum Cambridge dengan kurikulum Merdeka dalam pembentukan karakter, sehingga mampu memperkaya ilmu pembentukan karakter kepada peserta didik untuk berdaya saing secara global dan sesuai dengan perspektif pendidikan Islam. Dapat menjadi dasar untuk penelitian ini lanjut dan perubahan nyata dalam pembentukan karakter di pendidikan agama Islam dengan berdaya saing Internasional. Selain itu, dapat diterapkan secara praktis dalam pembelajaran Islam, pengembangan kurikulum lebih adaptif, serta kontribusi teoritis terhadap pemahaman tentang pembentukan karakter Islam dalam kurikulum di era saat ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Maemonah, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: kurikulum Cambridge; Kurikulum Merdeka; karakter pendidikan; pembelajaran
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 26 Feb 2024 09:08
Last Modified: 26 Feb 2024 09:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64026

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum