EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PANDAK BANTUL YOGYAKARTA

Nur Rokhimah, NIM.: 06600016 (2010) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PANDAK BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PANDAK BANTUL YOGYAKARTA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PANDAK BANTUL YOGYAKARTA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui efektivitas model pembelajaran Group Investigation dibandingkan dengan model konvensional, (2) mengetahui efektivitas model pembelajaran Think Pair Share dibandingkan dengan model konvensional, serta (3) mengetahui perbedaan efektivitas model Group Investigation dan model Think Pair Share terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pandak Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment dengan desain Control Group Pretest-Posttest (desain kelompok kontrol pretest-posttest). Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Group Investigation, model Think Pair Share dan model konvensional, sedangkan veriabel terikatnya adalah hasil belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII sebanyak 144 siswa yang terbagi dalam empat kelas. Pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan cara cluster random sampling, sehingga diperoleh sampel kelas VIIB sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan biasa dengan model konvensional, VIIC sebagai kelas eksperimen 2 yang diberi perlakuan dengan model Think Pair Share, dan VIID sebagai kelas eksperimen 1 yang diberi perlakuan dengan model Group Investigation. Teknik pengumpulan data meliputi pemberian pretest untuk mengetahui kemampuan awal siswa dan pemberian posttest untuk mengetahui hasil belajar siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t (independent samples test), yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) uji t data postest kelas eksperimen 1 dengan kelas kontrol diperoleh thitung=2,805 > ttabel=1,667, yang berarti bahwa model Group Investigation lebih efektif daripada model konvensional, (2) uji t data postest kelas eksperimen 2 dengan kelas kontrol diperoleh thitung=2,718 > ttabel= 1,668, yang berarti bahwa model Think Pair Share lebih efektif daripada model konvensional, dan (3) uji t data postest kelas eksperimen 1 dengan kelas eksperimen 2 diperoleh thitung=0,424 < ttabel=1,995, yang berarti bahwa tidak ada perbedaan efektivitas antara model Group Investigation dan model Think Pair Share terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pandak Bantul Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Hj. Khurul Wardati, M.Si dan Iwan Kuswidi, S.Pd.I., M.Sc
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 26 Feb 2024 08:49
Last Modified: 26 Feb 2024 08:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64029

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum