INTEGRASI SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN DAN MADRASAH DI MADRASAH TAHFIDZ PUTRI REMAJA BANTUL, YOGYAKARTA

Nailurrohmah Khoiri, NIM.: 21204012074 (2023) INTEGRASI SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN DAN MADRASAH DI MADRASAH TAHFIDZ PUTRI REMAJA BANTUL, YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTEGRASI SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN DAN MADRASAH DI MADRASAH TAHFIDZ PUTRI REMAJA BANTUL, YOGYAKARTA)
21204012074_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (INTEGRASI SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN DAN MADRASAH DI MADRASAH TAHFIDZ PUTRI REMAJA BANTUL, YOGYAKARTA)
21204012074_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini penting untuk dilakukan karena semestinya lembaga pendidikan pesantren dan madrasah dapat berjalan beriringan. Problem muncul karena kurangnya koordinasi dan pembagian waktu secara proporsional antara pendidikan pesantren dan madrasah. Oleh karena itu perlu menganalisis seluruh komponen dalam sistem pendidikan pesantren dan madrasah agar integrasi dapat terlaksana dengan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pelaksanaan integrasi pesantren dan madrasah serta menganalisis kefektifan pelaksanaan program integrasi di Madrasah Tahfidz Putri Remaja (MTPR) Yogyakarta. Penelitian dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk mengetahui latar belakang pengembangan integrasi pesantren dan madrasah. Data primer diperoleh melalui wawancara dan observasi kepada informan yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, sedangkan data sekunder diperoleh dari hasil dokumentasi dan karya-karya ilmiah. Analisis data yang digunakan adalah model Miles & Huberman melalui proses kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik observasi mendalam dan triangulasi data berupa trianggulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Latar belakang integrasi sistem pendidikan pesantren dan madrasah di Madrasah Tahfidz Putri Remaja (MTPR) adalah sebagai solusi karena kurang kondusifnya pelaksanaan pendidikan, adanya pemisahan kepentingan antar kedua lembaga, dan kegiatan yang saling tumpang tindih. Integrasi ini dilakukan untuk mewujudkan keselarasan tujuan pendidikan, isi kurikulum yang saling terintegrasi, kesetaraan konsep santri dan peserta didik, dan keharmonisan tenaga kependidikan. 2) Dalam pelaksanaannya ada dua bentuk integrasi, yakni: pertama, integrasi dari segi kelembagaan yang terdiri dari integrasi tujuan pendidikan, kurikulum, pelaku pendidikan dan sarana prasarana. Kedua, dari segi pengajaran imtaq dan iptek yang dilaksanakan dalam bentuk program tahfidz, proses pembelajaran dan kegiatan ekstrakulikuler. 3) Pelaksanaan integrasi dapat terlaksana dengan baik, dilihat dari pengadaan fasilitas, tenaga kependidikan, rekapan perolehan hafalan santri dan dampak bagi pembentukan karakter serta peningkatan prestasi. Namun masih terdapat kekurangan dalam pelaksanaannya yakni kurangnya koordinasi dengan wali santri, karena koordinasi tersebut diperlukan bagi efektifitas dan keberhasilan pelaksanaan inetgrasi pendidikan pesantren dan madrasah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. H. Tasman Hamami, M.A.
Uncontrolled Keywords: Integrasi Imtaq dan Iptek; pesantren; madrasah
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 28 Feb 2024 09:02
Last Modified: 28 Feb 2024 09:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64041

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum