PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MAHARAH QIRA’AH BERBASIS PERMAINAN TREASURE HUNT UNTUK SISWA KELAS IX SMP DIPONEGORO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

Amila Sholiha, NIM.: 21204022003 (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MAHARAH QIRA’AH BERBASIS PERMAINAN TREASURE HUNT UNTUK SISWA KELAS IX SMP DIPONEGORO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MAHARAH QIRA’AH BERBASIS PERMAINAN TREASURE HUNT UNTUK SISWA KELAS IX SMP DIPONEGORO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
21204022003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MAHARAH QIRA’AH BERBASIS PERMAINAN TREASURE HUNT UNTUK SISWA KELAS IX SMP DIPONEGORO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
21204022003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab pada maharah qira’ah di SMP Diponegoro Depok Sleman Yogyakarta masih menggunakan metode pembelajaran yang monoton dan fokus pada penggunaan buku teks. Hal ini membuat siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mengembangkan multimedia pembelajaran maharah qira’ah berbasis permainan treasure hunt. 2) mengetahui efektivitas multimedia pembelajaran maharah qira’ah berbasis permainan treasure hunt terhadap hasil belajar siswa kelas IX SMP Diponegoro Depok Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Untuk mengetahui efektivitas multimedia pembelajaran, peneliti menggunakan jenis eksperimen Non Equivalent Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Diponegoro Depok Sleman Yogyakarta. Data dalam penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Data berupa angka, akan dianalisis menggunakan uji Independent Sample T-test dan uji N-Gain. Hasil dari penelitian ini adalah 1) produk multimedia pembelajaran HANAQI berbasis permainan treasure hunt yang dikembangkan menggunakan software Smart Apps Creator. Multimedia pembelajaran ini memuat materi keterampilan membaca bahasa Arab kelas IX semester gasal yang terdiri dari lima tema pembelajaranُُdan disajikan dalam bentuk teks, gambar, audio dan video animasi yang memiliki alur permainan treasure hunt. 2) Peneliti menguji efektivitas multimedia pembelajaran dengan uji Independent Sample T-test dan uji N-Gain. Hasil uji Independent Sample T-Test menunjukkan sig.(2-tailed)ُُ0,000 yang mana < 0,05. Dengan kata lain, H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya, terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol. Demikian juga dengan hasil uji N-Gain yang memiliki nilai mean sebesar 0,76 atau 76,37% dengan kategori tafsiran “efektif”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran maharah qira’ah berbasis permainan treasure hunt efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muhammad Jafar Shodiq, S.Pd.I., M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; multimedia pembelajaran; Maharah Qira’ah; treasure hunt.
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 28 Feb 2024 09:09
Last Modified: 28 Feb 2024 09:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64044

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum