PENGEMBANGAN APLIKASI “AISHA” BERBASIS LAGU PADA PEMBELAJARAN ILMU SARAF KELAS X PROGRAM KEAGAMAAN MAN 1 SURAKARTA

Alfi Mazida Hasanah, NIM.: 21204022017 (2023) PENGEMBANGAN APLIKASI “AISHA” BERBASIS LAGU PADA PEMBELAJARAN ILMU SARAF KELAS X PROGRAM KEAGAMAAN MAN 1 SURAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN APLIKASI “AISHA” BERBASIS LAGU PADA PEMBELAJARAN ILMU S{ARAF KELAS X PROGRAM KEAGAMAAN MAN 1 SURAKARTA)
21204022017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN APLIKASI “AISHA” BERBASIS LAGU PADA PEMBELAJARAN ILMU S{ARAF KELAS X PROGRAM KEAGAMAAN MAN 1 SURAKARTA)
21204022017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi dan pemahaman siswa terhadap materi ilmu Saraf . Salah satu penyebab terjadinya permasalahan tersebut adalah kurangnya media yang secara inovatif mampu mendukung pembelajaran ilmu S{araf di MAN 1 Surakarta. Penyampaian materi Saraf masih terbilang monoton dengan metode ceramah, selain itu proses dalam mempelajari wazan-wazan tashrif dengan hafalan tanpa berlagu yang membuat siswa merasa cepat jenuh. Hal tersebut berakibat pada kurangnya motivasi dan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran. Di samping itu, di era modern saat ini menuntut adanya keterkaitan pembelajaran dengan teknologi. Sehingga adanya penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan Aplikasi Ilmu S{araf (AISHA) berbasis lagu, 2) Mengetahui efektivitas aplikasi AISHA pada siswa kelas X Program Keagamaan MAN 1 Surakarta. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Untuk mengetahui efektivitas aplikasi AISHA, peneliti menggunakan jenis one group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keagamaan MAN 1 Surakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, kuesioner, dokumentasi, dan tes. Uji analisis data menggunakan uji Paired Sample T-Test dan uji N-Gain Score dengan bantuan SPSS 27. Hasil penelitian ini adalah: 1) Aplikasi AISHA berbasis lagu memuat materi semester ganjil, yaitu Tashrif Lughowi, Tashrif Istilahi, wazan-wazan dalam Tsulatsi Mujarrad, dan Bina’ yang dikemas dalam bentuk lagu, 2) Hasil analisis aplikasi yang telah dikembangkan diketahui dari hasil uji kelayakan aplikasi baik dari segi materi dan media. Hasil uji T-test sebesar 0,000 dan hasil uji N-Gain Score adalah 0,69 atau 69% dengan kategori “cukup efektif”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi AISHA berbasis lagu cukup efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar ilmu Saraf pada siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muhammad Jafar Shodiq, S.Pd.I., M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Aplikasi AISHA; Ilmu Saraf; Lagu
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 28 Feb 2024 09:12
Last Modified: 28 Feb 2024 09:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64054

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum