PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA KURSUS INTENSIF BAHASA DI PUSDIKLAT BAHASA BADIKLAT KEMENTERIAN PERTAHANAN REPUBLIK INDONESIA DITINJAU DARI TEORI KONSTRUKTIVISME LEV VGOTSKY

Syaikha Dziyaulhaq Zein, NIM.: 21204022024 (2023) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA KURSUS INTENSIF BAHASA DI PUSDIKLAT BAHASA BADIKLAT KEMENTERIAN PERTAHANAN REPUBLIK INDONESIA DITINJAU DARI TEORI KONSTRUKTIVISME LEV VGOTSKY. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA KURSUS INTENSIF BAHASA DI PUSDIKLAT BAHASA BADIKLAT KEMENTERIAN PERTAHANAN REPUBLIK INDONESIA DITINJAU DARI TEORI KONSTRUKTIVISME LEV VGOTSKY)
21204022024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA KURSUS INTENSIF BAHASA DI PUSDIKLAT BAHASA BADIKLAT KEMENTERIAN PERTAHANAN REPUBLIK INDONESIA DITINJAU DARI TEORI KONSTRUKTIVISME LEV VGOTSKY)
21204022024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian di latar belakangi oleh adanya kebutuhan pembelajaran bahasa Arab di lingkungan bahasa Kementerian Pertahanan yang dirasa berguna untuk kemajuan komunikasi antar negara dan pengajar bahasa khususnya bahasa Arab tidak hanya dapat menerapkan ilmunya di instansi pendidikan saja, akan tetapi mereka dapat menerapkannya di instansi lainnya. Pembelajaran bahasa di wilayah Kementerian Pertahanan yang mayoritas diikuti oleh anggota militer dan pegawainya, umumnya berfokus belajar pada keterampilan dasar dalam berbahasa dengan menggunakan berbagai macam model dan metode. Mereka menggunakan pengetahuan, pengalaman dan kemandirian yang didapat sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran bahasa Arab pada Kursus Intensif Bahasa di Pusdiklat Bahasa Badiklat Kementerian Pertahanan Republik Indonesia ditinjau dari teori Konstruktivisme Lev Vgotsky, Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif dengan model Grounded Theory. Subjek penelitian ini adalah peserta didik Kursus Intensif Bahasa Arab ke 46 dan anggota Pusdiklat Bahasa Badiklat Kementerian Pertahanan Republik Indonesia yang bersangkutan. Data penelitian didapat melalui tahap observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses analisis data menggunakan kondensasi data dan triangulasi data. Hasil penelitian berupa: 1) Pembelajaran bahasa Arab pada kursus intensif bahasa ini menggunakan pembelajaran interaktif yang mengarah kepada teori Konstruktivisme Lev Vgotsky yang diimplementasikan pada 4 keterampilan bahasa, khususnya keterampilan berbicara. Hal itu dibuktikan dari nilai-nilai ujian, karya serta partisipasi peserta didik yang dinilai memuaskan, 2) Faktor penghambat dalam pembelajaran Bahasa Arab tersebut seperti: a) Waktu pembelajaran yang singkat, b) Materi padat, c) Pembelajar pemula, d) Materi militer yang kurang, e) Kurangnya pengajar native Arab. Sedangkan faktor pendukungnya berupa: a) Pengajaran kreatif, b) Sarana prasarana memadai, c) Tenaga pengajar berkualitas, d) Lingkungan bahasa yang Baik, e) Minat yang kuat, kurikulum terstruktur, f) Kerja sama dalam dan luar negeri yang baik, g) evaluasi bahasa yang rutin. 3) Hasil penelitian bahwa pembelajaran bahasa Arab dilakukan secara interaktif yang menghasilkan nilai dari empat keterampilan dasar yang baik sehingga mereka dapat mendengarkan, membaca, berkomunikasi, menulis dan utamanya dapat berinteraksi dengan bahasa Arab dasar dengan baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muhammad Jafar Shodiq, S.Pd.I., M.S.I.
Uncontrolled Keywords: pembelajaran Bahasa Arab; Teori Konstruktivisme Lev Vgostky; kursus bahasa
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 28 Feb 2024 09:14
Last Modified: 28 Feb 2024 09:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64055

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum