ANALISIS PENGARUH RASIO LIKUIDITAS, LEVERAGE, AKTIVITAS, DAN PROFITABILITAS TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI DAFTAR EFEK SYARIAH (PERIODE 2006-2009)

Virgiana Riawaty Dianingrum, NIM.: 06390025 (2010) ANALISIS PENGARUH RASIO LIKUIDITAS, LEVERAGE, AKTIVITAS, DAN PROFITABILITAS TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI DAFTAR EFEK SYARIAH (PERIODE 2006-2009). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENGARUH RASIO LIKUIDITAS, LEVERAGE, AKTIVITAS, DAN PROFITABILITAS TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI DAFTAR EFEK SYARIAH (PERIODE 2006-2009))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENGARUH RASIO LIKUIDITAS, LEVERAGE, AKTIVITAS, DAN PROFITABILITAS TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI DAFTAR EFEK SYARIAH (PERIODE 2006-2009))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini termasuk kategori penelitian terapan atau sering disebut applied research. Penelitian ini menguji dan menganalisis bagaimana pengaruh CR, DER, TATO, dan ROE secara bersama-sama dan sendiri-sendiri terhadap return saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Daftar Efek Syariah. Populasi sekaligus dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Daftar Efek Syariah. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif yaitu data yang diukur dalam suatu skala numerik (angka) yang dikumpulkan dengan teknik pengambilan basis data secara kemudian disusun secara pooling. Periode penelitian yaitu tahun 2006 sampai dengan tahun 2009. Variabel independen dari penelitian ini adalah CR, DER, TATO, dan ROE, yang termasuk dalam empat kategori likuiditas, leverage, aktivitas, dan profitabilitas sedangkan variabel dependennya adalah return saham. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder, yaitu laporan keuangan perusahaan sampel yang meliputi laporan neraca dan laba rugi. Metode analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi berganda dengan terlebih dahulu melakukan uji asumsi klasik. Untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama digunakan uji F dan untuk mengetahui pengaruh secara sendiri-sendiri digunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama rasio keuangan CR, DER, TATO, dan ROE mempunyai pengaruh terhadap return saham. Namun secara sendiri-sendiri rasio keuangan yang berpengaruh terhadap return saham yaitu CR dan ROE. Sedangkan DER dan TATO tidak mempunyai pengaruh terhadap return saham. Secara bersama-sama ke empat rasio keuangan yaitu Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER), Total Assets Turn Over (TATO), dan Return on Equity (ROE) dapat berpengaruh terhadap return saham, dengan konstribusi sebesar 17,6%. Dan secara sendiri-sendiri menyimpulkan bahwa variabel yang berpengaruh signifikan terhadap return saham adalah CR dengan sig. t sebesar 0.010<0.05 dan ROE dengan sig. t sebesar 0.033<0.05. Sedangkan DER dengan sig. t sebesar 0. 242 > 0.05 dan TATO dengan sig. t sebesar 0. 500 > 0.05 tidak berpengaruh terhadap return saham. Berdasarkan hasil uji determinasi besarnya nilai Adjusted R Square adalah 0. 147, hal ini berarti 14.7% variasi return saham dapat dijelaskan oleh variasi dari empat variabel yang berpengaruh terhadap return saham. Sedangkan sisanya (100% - 14.7% = 85.3%) dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model persamaan regresi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Sunarsih, S.E., M.Si dan Drs. A. Yusuf Khoirudin, S.E., M.Si
Uncontrolled Keywords: Return Saham, Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER), Total Assets Turn Over (TATO), dan Return on Equity (ROE)
Subjects: Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 26 Feb 2024 14:42
Last Modified: 26 Feb 2024 14:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64069

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum