PENGARUH LIKUIDITAS, SOLVABILITAS, DAN RENTABILITAS TERHADAP PERUBAHAN LABA PADA BANK-BANK YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Dewi Setio Ningsih, NIM.: 06390031 (2010) PENGARUH LIKUIDITAS, SOLVABILITAS, DAN RENTABILITAS TERHADAP PERUBAHAN LABA PADA BANK-BANK YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH LIKUIDITAS, SOLVABILITAS, DAN RENTABILITAS TERHADAP PERUBAHAN LABA PADA BANK-BANK YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH LIKUIDITAS, SOLVABILITAS, DAN RENTABILITAS TERHADAP PERUBAHAN LABA PADA BANK-BANK YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini termasuk kategori penelitian terapan atau sering disebut applied research. Penelitian ini menguji dan menganalisis bagaimana pengaruh rasio likuiditas, solvabilitas, dan rentabilitas secara simultan dan parsial terhadap perubahan laba pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan konsisten selama periode penelitian. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif yaitu data yang berupa angka atau besaran tertentu yang sifatnya pasti, dikumpulkan dengan teknik pengambilan data kemudian disusun secara pooling. Periode penelitian yaitu tahun 2006 sampai dengan tahun 2009. Variabel independen dari penelitian ini adalah QR, BR, CAR, BOPO dan ROA, yang merupakan proksi dari rasio likuiditas, solvabilitas, dan rentabilitas. QR dan BR termasuk kategori rasio likuiditas, CAR termasuk kategori solvabilitas, sedangkan BOPO dan ROA termasuk dalam rasio rentabilitas. Sedangkan variabel dependennya adalah perubahan laba. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder, yaitu laporan keuangan perusahaan sampel yang meliputi laporan neraca dan laba rugi. Metode analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi berganda dengan terlebih dahulu melakukan uji asumsi klasik. Untuk mengetahui pengaruh secara simultan digunakan uji F dan untuk mengetahui pengaruh secara parsial digunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan kelima variabel yang menjadi proksi dari rasio likuiditas, solvabilitas dan rentabilitas, yaitu Quick Ratio (QR), Banking Ratio (BR), Capital Adequacy Ratio (CAR), Biaya Operasional per Pendapatan Operasional (BOPO) dan Return On Asset (ROA) dapat berpengaruh terhadap perubahan laba, dengan konstribusi sebesar 36.5%. Secara parsial rasio keuangan yang berpengaruh terhadap perubahan laba yaitu QR dengan sig. t sebesar 0.005 < 0.05, CAR dengan sig. t sebesar 0.008 < 0.05, BOPO dengan sig. t sebesar 0.012 < 0.05 dan ROA dengan sig. t sebesar 0.048 < 0.05. Sedangkan BR tidak mempunyai pengaruh terhadap perubahan laba. Hal ini dapat dilihat dari sig t.sebesar 0.191 > 0.05. Berdasarkan hasil uji determinasi besarnya nilai Adjusted R Square adalah 0.271, hal ini berarti 27.1% variasi perubahan laba dapat dijelaskan oleh variasi dari lima variabel yang berpengaruh terhadap perubahan laba. Sedangkan sisanya (100% - 27.1% = 72.9%) dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model persamaan regresi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Slamet Haryono, M.Si., Akt. dan Drs. A. Yusuf Khoiruddin, SE., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Perubahan Laba, Quick Ratio (QR), Banking Ratio (BR), Capital Adequacy Ratio (CAR), Biaya Operasional Per Pendapatan Operasional (BOPO) Dan Return On Asset (ROA)
Subjects: Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 26 Feb 2024 14:50
Last Modified: 26 Feb 2024 14:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64072

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum