PENGARUH CAPITAL ADEQUACY RATIO, FINANCING TO DEPOSIT RATIO, BIAYA OPERASIONAL PER PENDAPATAN OPERASIONAL DAN DANA PIHAK KETIGA TERHADAP RETURN ON ASSET PADA BANK SYARIAH MANDIRI (PERIODE 2006 - 2009)

Ukhti Nuraini Rahmawati, NIM.: 06390020 (2010) PENGARUH CAPITAL ADEQUACY RATIO, FINANCING TO DEPOSIT RATIO, BIAYA OPERASIONAL PER PENDAPATAN OPERASIONAL DAN DANA PIHAK KETIGA TERHADAP RETURN ON ASSET PADA BANK SYARIAH MANDIRI (PERIODE 2006 - 2009). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH CAPITAL ADEQUACY RATIO, FINANCING TO DEPOSIT RATIO, BIAYA OPERASIONAL PER PENDAPATAN OPERASIONAL DAN DANA PIHAK KETIGA TERHADAP RETURN ON ASSET PADA BANK SYARIAH MANDIRI (PERIODE 2006 - 2009))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH CAPITAL ADEQUACY RATIO, FINANCING TO DEPOSIT RATIO, BIAYA OPERASIONAL PER PENDAPATAN OPERASIONAL DAN DANA PIHAK KETIGA TERHADAP RETURN ON ASSET PADA BANK SYARIAH MANDIRI (PERIODE 2006 - 2009))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Profitabilitas adalah kemampuan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan. Kinerja keuangan perbankan dapat dilihat dari rasio ini, umumnya dilihat dari nilai Return On Asset. Dengan meningkatkan profitabilitas, maka bank akan mampu menghadapi persaingan atau dapat berkompetisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi tingkat Capital Adequacy Ratio (CAR), Financing to Deposit Ratio (FDR), Biaya Operasional per Pendapatan Operasional (BOPO) dan Dana Pihak Ketiga (DPK) terhadap Return On Asset (ROA) Bank Syariah Mandiri periode 2006-2009. Penelitian ini termasuk kategori penelitian terapan atau sering disebut applied research. Penelitian ini menguji dan menganalisis bagaimana pengaruh CAR, FDR, BOPO dan DPK secara simultan dan parsial terhadap ROA pada Bank Syariah Mandiri. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan bulanan Bank Syariah Mandiri. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode nonprobability sampling. Dalam penelitian ini, sampel yang digunakan adalah laporan keuangan bulanan Bank Syariah Mandiri mulai dari tahun 2006 sampai dengan tahun 2009. Variabel independen dari penelitian ini adalah Capital Adequacy Ratio (CAR), Financing to Deposit Ratio (FDR), Biaya Operasional per Pendapatan Operasional (BOPO) dan Dana Pihak Ketiga (DPK) sedangkan variabel dependennya adalah Return On Asset (ROA). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder, yaitu laporan keuangan perusahaan sampel yang meliputi laporan ikhtisar keuangan dan laba rugi. Metode analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi berganda dengan terlebih dahulu melakukan uji asumsi klasik. Untuk mengetahui pengaruh secara simultan digunakan uji F dan untuk mengetahui pengaruh secara parsial digunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan rasio keuangan CAR, FDR, BOPO dan DPK mempunyai pengaruh terhadap ROA Bank Syariah Mandiri sebesar 51,5% (sesuai nilai koefisien determinasi 0,515) Sedangkan sisanya (100% - 51,5% = 48,5%) dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model persamaan regresi. Secara parsial, hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan antara DPK terhadap ROA dengan koefisien DPK sebesar 3,792 dan sig 0,000, variabel CAR dan FDR tidak berpengaruh terhadap ROA, dengan koefisien CAR sebesar 1,148 dan sig 0,258 dan variabel FDR dengan koefisien sebesar -0,453 dan sig 0,653 dan BOPO berpengaruh negatif dan signifikan dengan koefisien -4,106 dan sig 0,000.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. A. Yusuf Khoiruddin, SE., M.Si. dan M. Kurnia Rahman, SE., M.M.
Uncontrolled Keywords: Return On Asset (ROA), Capital Adequacy Ratio (CAR), Financing To Deposit Ratio (FDR), Biaya Operasional Per Pendapatan Operasional (BOPO), Dana Pihak Ketiga (DPK).
Subjects: Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 26 Feb 2024 15:26
Last Modified: 26 Feb 2024 15:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64081

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum