ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EARNING PER SHARE PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI DAFTAR EFEK SYARIAH 2006-2009

Yan Rusdi Kamal, NIM.: 06390046 (2010) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EARNING PER SHARE PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI DAFTAR EFEK SYARIAH 2006-2009. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EARNING PER SHARE PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI DAFTAR EFEK SYARIAH 2006-2009)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EARNING PER SHARE PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI DAFTAR EFEK SYARIAH 2006-2009)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi earning per share pada Perusahaan Manufaktur di Daftar Efek Syariah. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER), Total Assets Turn Over (TATO), Retun on Equity (ROE) dan Net Profit Margin (NPM). Populasi sekaligus dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Daftar Efek Syariah. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif yaitu data yang diukur dalam suatu skala numerik (angka) yang dikumpulkan dengan teknik pengambilan basis data kemudian disusun secara pooling. Periode penelitian yaitu tahun 2006 sampai dengan tahun 2009. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder, yaitu laporan keuangan perusahaan sampel yang meliputi laporan neraca dan laba rugi. Metode analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi berganda dengan terlebih dahulu melakukan uji asumsi klasik. Untuk mengetahui pengaruh secara simultan digunakan uji F dan untuk mengetahui pengaruh secara parsial digunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan rasio keuangan CR, DER, TATO, ROE dan NPM mempunyai pengaruh terhadap earning per share. Namun secara parsial rasio keuangan yang berpengaruh terhadap EPS yaitu CR, DER dan NPM, namun TATO dan ROE tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap earning per share. Secara simultan kelima rasio keuangan yaitu Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER), Total Assets Turn Over (TATO), Retun on Equity (ROE) dan Net Profit Margin (NPM) dapat berpengaruh terhadap Earning Per Share (EPS), dengan konstribusi sebesar 51,1%. Dan secara parsial menyimpulkan bahwa variabel yang berpengaruh signifikan terhadap EPS adalah CR sebesar 0.000 < 0.05, DER sebesar 0.000 < 0.05 NPM sebesar 0,0017 < 0,05. Sedangkan TATO sebesar 0,750 > 0.05 dan ROE sebesar 0,321 > 0.05 tidak berpengaruh terhadap EPS. Berdasarkan hasil uji determinasi besarnya nilai Adjusted R Square adalah 0,511, hal ini berarti 51,1% variasi earning per share dapat dijelaskan oleh variasi dari lima variabel yang berpengaruh terhadap earning per share. Sedangkan sisanya (100% - 51,1% = 48,9%) dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model persamaan regresi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Joko Setyono, Se., M.Si. dan M. Kurnia Rahman A., Se, Mm.
Uncontrolled Keywords: Earning Per share, Current Ratio, Dept to Euity Ratio, Total Asset Turn Over, Return On Equity, Net Profit Margin
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 26 Feb 2024 15:29
Last Modified: 26 Feb 2024 15:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64082

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum