PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH FISIKA MELALUI PENGEMBANGAN DIVERGENT THINKING DENGAN PENDEKATAN INQUIRY

RISWANTI, NIM.: 04461130 (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH FISIKA MELALUI PENGEMBANGAN DIVERGENT THINKING DENGAN PENDEKATAN INQUIRY. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH FISIKA MELALUI PENGEMBANGAN DIVERGENT THINKING DENGAN PENDEKATAN INQUIRY)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA ···.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH FISIKA MELALUI PENGEMBANGAN DIVERGENT THINKING DENGAN PENDEKATAN INQUIRY)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran sains masih mengutamakan hasil yang berupa pengetahuan ingatan dan kemampuan berpikir logis. Pembelajaran tersebut kurang mengoptimalkan perkembangan kreativitas siswa dalam pembelajaran sains, khususnya berkaitan dengan kemampuan divergent thinking dengan pendekatan inquiry sehingga perlu adanya upaya baru mengintegrasikan keterampilan skill dengan kondisi konkret yang dialami siswa melalui pengembangan divergent thinking. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui apakah pendekatan inquiry pada materi pokok usaha dan energi dapat meningkatkan divergent thinking serta mengetahui bagaimana pengembangan divergent thinking siswa dalam meningkatkan kemampuan memecahkan masalah fisika melalui penerapan pendekatan inquiry di MTs Muhammadiyah I Muntilan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam tiga siklus. Setiap siklus dilakukan melalui empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aspek divergent thinking dari setiap siklusnya. Peningkatan kemampuan divergent thinking itu sampai pada predikat amat baik (A), dimana rata-rata hasil pengamatan tersebut adalah 90 %. Sedangkan untuk prestasi yang dimiliki siswa juga mengalami peningkatan, dari rata-rata nilai 47 menjadi rata-rata nilai 61. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Warsono, M.Si.
Uncontrolled Keywords: divergent thinking, PTK, inquiry
Subjects: Pendidikan Fisika
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 26 Jul 2023 10:38
Last Modified: 26 Jul 2023 10:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6409

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum