PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK MELALUI ALAT PERMAINAN EDUKATIF BARANG BEKAS (Studi kasus guru PAUD Sabiluttaufiq Cirebon)

A’us Arief Ikhwani Hakim, NIM.: 21204031020 (2023) PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK MELALUI ALAT PERMAINAN EDUKATIF BARANG BEKAS (Studi kasus guru PAUD Sabiluttaufiq Cirebon). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK MELALUI ALAT PERMAINAN EDUKATIF BARANG BEKAS (Studi kasus guru PAUD Sabiluttaufiq Cirebon))
21204031020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK MELALUI ALAT PERMAINAN EDUKATIF BARANG BEKAS (Studi kasus guru PAUD Sabiluttaufiq Cirebon))
21204031020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

untuk anak usia dini melalui kreativitas tanpa diketahui akan memperoleh pengalaman-pengalaman baru dalam dirinya. Agar anak dapat berproses dan mengaktualisasikan dirinya, sehingga dapat berkembang segala aspek perkembangannya. Di PAUD Sabiluttaufiq Cirebon, dalam mengembangkan kreativitas anak, salah satunya dengan menggunakan alat permainan edukatif barang bekas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah fenomenologi dengan pendekatan kualitatif. Menggunakan teknik pengumpulan data sesuai dengan kebutuhan yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah model Milles dan Huberman. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan tekhnik. Analisis data melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Hasil Penelitian di lapangan menunjukan bahwa: pengalaman guru dalam menggunakan alat permainan edukatif barang bekas untuk meningkatkan kreativitas dimulai dari membuat perencanaan strategi pembelajaran yang akan diterapkan, strategi yang digunakan yaitu demonstrasi dan praktek, sebagai upaya untuk pembelajaran alat permainan edukatif dari barang bekas, kemudian penentuan tema pembelajaran menggunakan Alat Permainan Edukatif dan penilaian pembelajaran, selanjutnya yaitu pelaksanaan pembelajaran, pada prosesnya erdiri dari pembukaan, kegiatan inti dan penutup. Langkah-langkah dalam kegiatan pembelajaran yaitu: menentukan tema dalam pembelajaran, menetapkan rancangan bahan-bahan dan alat yang akan digunakan, menetapkan rancangan pengelompokan dalam kegiatan pembelajaran, dan menetapkan rancangan penilaian.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Sigit Purnama, S.Pd.I., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: kreativitas; alat permainan edukatif; barang bekas
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 28 Feb 2024 09:34
Last Modified: 28 Feb 2024 09:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64098

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum