PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF PUZZLE HOPSCOTCH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN MOTORIK ANAK PAUD IT ADAR KALASAN DIY

Lati Nurliana Wati Fajzrina, NIM: 21204032009 (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF PUZZLE HOPSCOTCH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN MOTORIK ANAK PAUD IT ADAR KALASAN DIY. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF PUZZLE HOPSCOTCH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN MOTORIK ANAK PAUD IT ADAR KALASAN DIY)
21204032009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF PUZZLE HOPSCOTCH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN MOTORIK ANAK PAUD IT ADAR KALASAN DIY)
21204032009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk memahami dan melihat: 1.) Pengaruh pembelajaran menggunakan APE puzzle hopscotch terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) anak usia 4-6 tahun di PAUD IT ADAR Kalasan DIY. 2.) Pengaruh pembelajaran menggunakan APE puzzle hopscotch terhadap kemampuan motorik anak usia 4-6 tahun di PAUD IT ADAR Kalasan DIY. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan quasi eksperimen. Sampel penelitian berjumlah 42 anak dengan kriteria usia 4-6 tahun, dimana untuk kelompok eksperimen berjumlah 21 anak dan kelas kontrol berjumlah 21 anak. Proses penghimpunan data dilakukan dengan teknik non tes, metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan SPSS dan Microsoft Excel, dengan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji normalitas, homogenitas, pengujian hipotesis dengan T-test Independent dan N-Gain Score) untuk mengetahui pengaruh APE puzzle hopscotch terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dan motorik anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis penelitian bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Disimpulkan: 1.) terdapat pengaruh nyata yang signifikan dari hasil t-test independen (sig 2tailed 0,002 < 0,05) pada pembelajaran menggunakan APE puzzle hopscotch terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) anak usia 4-6 tahun dan perubahan pada N-gain score pretest dan posttest setiap anak. 2.) terdapat pengaruh nyata yang signifikan dari hasil t-test independen (sig 2tailed 0,003 < 0,05) dari pembelajaran dengan menggunakan APE puzzle hopscotch terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) pada anak usia 4-6 tahun dan perubahan pada N-gain score pretest dan posttest setiap anak.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Winarti, M.Pd.,Si.
Uncontrolled Keywords: APE Puzzle Hopscotch, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS), Kemampuan Motorik
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 28 Feb 2024 14:22
Last Modified: 28 Feb 2024 14:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64101

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum