DAMPAK POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA PADA ANAK USIA DINI

Anwardiani Iftaqul Janah, NIM.: 21204032015 (2023) DAMPAK POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA PADA ANAK USIA DINI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DAMPAK POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA PADA ANAK USIA DINI)
21204032015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA PADA ANAK USIA DINI)
21204032015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan literasi membaca menjadi penting untuk anak prasekolah dapat melanjutkan ke jenjang sekolah dasar, menjadi penting maka peran orangtua menjadi tolak ukur keberhasilan anak dalam membaca. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi Dampak Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemampuan Literasi Membaca Pada Anak Usia Dini, yang menjadikan anak tertarik dan gemar membaca buku. Subjek penelitian adalah satu keluarga yang memiliki anak usia dini duduk di kelas B usia 6 tahun di Desa Gatak Tuan, Gemblegan, Kalikotes, Klaten. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dengan menggunakan tiga tahap yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data penelitian akan diuji dengan teknik kepercayaan yaitu triangulasi sumber, perluasan partisipasi dan peercheck. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, pola asuh orangtua dalam kemampuan literasi membaca adalah pola asuh demokrasi. Peran pendidik, orang tua memiliki kewajiban dalam pengenalan huruf kemudian mengajarkan membaca. Peran keteladanan orang tua adalah mencontohkan kebiasaan membaca dan mengajak anak untuk membaca dan berinteraksi dengan buku. Peran motivator orangtua menjadi pendorong anak dengan tindakan dan pujian. Kedua, manfaat kemampuan literasi untuk keberlangsungan pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh yang diterapkan orangtua terhadap literasi membaca adalah menciptakan lingkungan keluarga yang cinta dengan buku, orangtua terjun langsung dalam memberikan teladan kepada anak, mengkoleksi banyak buku-buku menarik, serta komitmen orangtua dalam membentuk karakter anak melalui buku. Penelitian ini disajikan dengan menggunakan penelitian kualitatif studi kasus. Objek penelitiannya adalah literasi membaca sebagai media untuk mengenalkan literasi pada anak usia dini. Subjek penelitiannya ialah anak usia dini yang memiliki peran dalam hasil dari pola asuh orangtua dapat mengembangkan literasi membaca, dan orangtua.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. H. Suyadi, M.A.
Uncontrolled Keywords: modelling; pola asuh; literasi membaca; anak usia dini
Subjects: Literasi Informasi
Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 28 Feb 2024 14:35
Last Modified: 28 Feb 2024 14:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64104

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum