PENGARUH METODE CERITA BUKU BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN BERBAHASA ANAK

Nailul Padhil Zohro, NIM.: 21204032016 (2023) PENGARUH METODE CERITA BUKU BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN BERBAHASA ANAK. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Pengaruh Metode Cerita Buku Bergambar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Berbahasa Anak)
21204032016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (Pengaruh Metode Cerita Buku Bergambar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Berbahasa Anak)
21204032016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini guna untuk memahami: (1) pengaruh metode ceritabuku bergambar terhadap kemampuan berpikir kritis anak, (2) pengaruh metodecerita buku bergambar terhadap kemampuan berbahasa anak, dan (3) menganalisisseberapa besar pengaruh metode cerita buku bergambar terhadap kemampuanberpikir kritis dan berbahasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metodeeksperimen semu (quasi experimental design). Proses penelitian dilakukanmenggunakan observasi atau pengamatan dalam 2 kelompok pembelajaran, yaitukelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian ini dilakukan padasekolah RA di Kecamatan Lubuklinggau Selatan II. Adapun sampel penelitianyang digunakan berjumlah 35 anak dengan kriteria usia 5-6 tahun, dimana untukkelompok eksperimen berjumlah 18 anak dan kelompok kontrol berjumlah 17anak dengan ditentukan berdasarkan teknik cluster random sampling. Teknikpenghimpunan data menggunakan observasi berupa pretest dan posttest untukmengetahui kemampuan berpikir kritis dan berbahasa anak. Teknik analisis datadilakukan melalui aplikasi SPSS 26 dengan analisis deskriptif untuk mencariinformasi dari kondisi subyek berupa perkembangan motorik kasar dan kognitifanak usia 5-6 tahun dalam bentuk data angka deskriptif beruapa (mean, median,modus, range, standar deviasi, varian, nilai maksimal, nilai minimal, danhistogram). Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) metode cerita buku bergambar(X), berpengaruh signifikan pada kemampuan berpikir kritis anak (Y1) dengan t-hitung posttest kelompok eksperimen sebesar 10,501 dengan taraf signifikan 0,00< 0,05. (2) metode cerita buku bergambar (X), berpengaruh signifikan padakemampuan berbahasa (Y2) dengan t-hitung sebesar 15,662 dengan tarafsignifikan 0,00 < 0,05. (3) Pengaruh pengaruh cerita buku bergambar terhadapkemampuan berpikir kritis dengan nilai mean 70% yang masuk kategori cukupefektif, dan terhadap perkembangan berbahasa anak dengan nilai mean sebesar56% dengan kategori cukup efektif digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Khamim Zarkazih Putro, M. Si.
Uncontrolled Keywords: story telling; media cerita; kemampuan berpikirkritis; kemampuan berbahasa
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 28 Feb 2024 14:39
Last Modified: 28 Feb 2024 14:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64106

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum